Simak 9 Tips Pilih Jurusan Kuliah Berikut Ini!

Anda perlu tahu loh!.

KAMPUS, malangpost.id – Pastinya, untuk anda yang lulus SMA maupun ingin melanjutkan ke perkuliahan, pasti bingung kan mau pilih jurusan yang mana. Karena takut dengan salah masuk jurusan sama dengan membuang-buang waktu. Apalagi anda mengorbankan diri untuk mendapatkan ini semua.

Masalah galau pilih jurusan menjadi hal yang wajar bagi anda memasuki dunia dilema. Antara pilih pekerjaan atau cari ilmu lagi. Pastinya panik akan menjadi fase atau tahap yang diwajarkan. Anda pasti punya cara tersendiri untuk mencapai tujuan tersebut.

Berikut ini tips-tipsnya:

1. Anda Minat di Bidang Apa? Passionnya Apa?

Jika sudah bingung, pertama kali yang perlu anda lakukan adalah dengan mengetahui apa skill dan kemampuan diri yang anda punya. Apa yang paling anda suka dan minati terhadap suatu bidang?. Jika sudah menemukan, langsung saja kembangkan. Siapa tahu cocok.

2. Anda Harus Tahu Potensi Anda

Pastinya setiap orang mempunyai potensi masing-masing maupun tersendiri, termasuk anda. Potensi ini bisa dijadikan dasar dalam memilih jurusan. Anda juga bisa berpatok pada prestasi-prestasi yang pernah dimiliki.

3. Buatlah Skala Prioritas

Prioritas disini lebih memilih mana yang paling anda suka dari semua yang anda suka. Maksudnya adalah anda bisa memilih semua jurusan yang anda minati, tetapi ingat mana yang perlu diprioritaskan dan cocok sekali dengan anda.

4. Perhatikan Mata Kuliah yang Diajarkan di Jurusan Tersebut

Nah, ini nih yang penting. Sebelum masuk ke kubangan, alangkah lebih baik anda tahu secara umum maupun secara khusus (lebih baik) tentang mata kuliah yang diajarkan di jurusan tersebut. Hal tersebut perlu mengingat seberapa besar minat anda cocok dengan mata kuliah tersebut.

Eits, ingat yah setiap universitas berbeda kebijakan dan mata kuliah dalam jurusan tersebut. Walaupun sama-sama jurusannya.

5. Coba Konsultasi ke Orang yang Berpengalaman

Pastinya jangan ragu yah anda, jika ingin mematangkan konsep maupun keyakinan untuk mengambil suatu jurusan. Pastinya harus konsultasi dulu ke yang berpengalaman karena ini membantu sekali dalam hal anda mengambil keputusan.

6. Jangan Lupakan Usaha

Galau terus tidak membantu anda untuk move on. Jadi cobalah berusaha, karena dengan berusaha anda pasti menemukan jurusan mana yang cocok untuk kuliah anda. Usahanya bisa mencari info jurusan tersebut sampai kuliahnya seperti apa, mulai dari fasilitas, dosen, mata kuliah, dan lain-lain.

7. Pilih Program Studi yang Mendekatkan Pada Cita-cita Anda

Pasti dari kecil punya cita-cita kan?. Sampai sekarang juga punya cita-cita walaupun kadang tidak sama dengan cita-cita awal dari kecil. But its ok, anda harus punya cinta-cita. Jika tidak maka anda tidak punya tujuan hidup.

8. Pilih Jurusan yang Memiliki Peluang Cukup Banyak

Kenapa cukup banyak?, karena dengan kategori atau level cukup saja sudah bisa membantu mensejahterakan hidup anda. Jika dimanfaatkan dengan benar. Tidak harus menunggu peluang banyak untuk sukses, yang penting ada peluang. Pada akhirnya tergantung orangnya kan.

9. Jangan Memaksakan Diri untuk Mengambil Jurusan yang Tidak Sesuai dengan Anda, Karena Banyak Peluangnya

Setiap orang pasti memiliki kepribadian yang unik, termasuk anda. Jika memilih jurusan sesuai kepribadian anda, maka otomatis anda akan senang dan bahagia. Menekuninya juga tidak akan sulit. Malah akan menjadi ahli.

Nah, itulah tips yang bisa anda perhatikan dalam memilih jurusan kuliah. Semoga cocok dan bermanfaat. Karena grusa-grusu bukanlah suatu pilihan yang tepat. Sehingga perlu pemikiran jernih dan konsep matang dalam memutuskan suatu hal. Oke.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close