Apa Sih Kelebihan Bersekolah di Pondok Pesantren Dibanding Umum?

KUPASEDU, malangpost.id – Apa Sih Kelebihan Bersekolah di Pondok Pesantren Dibanding Umum? – Di Indonesia, pendidikan dapat diikuti secara formal ataupun nonformal. Pendidikan formal dikenal dengan sekolah resmi dari pemerintah, sejak SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Adapun pendidikan nonformal meliputi pendidikan selain yang telah disebutkan tadi. 

Bersekolah di pondok pesantren termasuk mengikuti pendidikan formal, tetapi tidak dari instansi pemerintahan. Meskipun ada mata pelajaran yang disetakaran, tetapi pondok pesantren memiliki kurikulum tambahan. Sekolah berbasis agama ini dapat memperkuat ilmu agama Islam bagi para siswa-siswinya. 

Terdapat sejumlah kelebihan ataupun keunggulan bagi mereka yang menempuh studi jalur pondok pesantren ini. Apa saja ya, keunggulan bersekolah di pondok pesantren? Yuk disimak. 

Dibimbing oleh Guru dan Kyai Full dalam 24 Jam 

Keuntungan pertama, para penuntut ilmu di pondok pesanten akan mendapat bimbingan penuh selama 24 jam. Bukan hanya dari guru mata pelajaran seperti pada sekolah lainnya, tetapi juga mendapat ilmu agama Islam dari para kyai. Kedua pihak tersebut merupakan pihak yang bertanggung jawab kepada seluruh santri di pondok tersebut. 

Hal ini sangat menguntungkan. Sebab, kehidupan sehari-hari dipenuhi dengan aliran ilmu yang terus dipelajari dan disempurnakan. Berbeda halnya dengan sekolah normal lainnya yang hanya mengambil waktu sekitar delapan jam sehari. 

Bisa Mendalami Ilmu Agama dan Ilmu Umum secara Seimbang 

Di pesantren, sudah banyak yang memberikan program untuk mendapatkan ijazah setara dengan pendidikan umum. Alhasil, pendidikan di pesantren pun mempelajari ilmu-ilmu umum seperti sekolah lainnya. Dengan begitu, kurikulum materi umum dengan materi agama akan seimbang. 

Bahkan, Anda bisa memiliki ilmu yang lebih luas dibandingkan mereka yang bersekolah umum. Namun, tetap saja, esensi ilmu sebaiknya bermanfaat dengan cara membagikannya kepada orang lain. Untuk itu, ilmu yang dipelajari harus didalami agar mendapat pemahaman yang mendalam. 

Karakter Pejuang dan Mindset Perjuang Terbentuk Lebih Kuat 

Sebagai seorang santri, mereka mendapat didikan yang ampuh dalam membentuk karakter. Pendidikan di pesantren yang disiplin menjadikan karakter peserta didik menjadi lebih tangguh. Mereka biasa menghadapi beban-beban sehingga secara mental menjadi tahan banting. 

Terkadang karakter inilah yang membedakan mereka dengan peserta didik di sekolah biasa. Selain itu, seorang santri memiliki sifat lebih sabar dalam menghadapi masalah-masalah yang muncul. Nah, ini menjadi keunggulan mendapat pendidikan dari pondok pesantren. 

Menguasai Minimal Dua Bahasa 

Di pesantren biasanya terdapat program latihan bahasa tertentu, utamanya bahasa Arab. Hal ini jelas karena santri juga mempelajari ilmu agama melalui kitab-kitab sehingga perlu belajar bahasa Arab juga. 

Selain itu, bahasa Inggris juga diajarkan secara intensif. Pelajaran bahasa Inggris ini diberikan untuk mendukung siswa agar memiliki kompetensi seperti anak sekolah umum lainnya. Dengan begitu, seorang yang bersekolah di pondok pesantren juga memiliki peluang masuk universitas negeri. 

Peluang Mendapatkan Beasiswa dari Luar Negeri 

Beasiswa dari luar ataupun dalam negeri sangat banyak jenisnya. Ada beasiswa untuk kategori kurang mampu, berprestasi, dan jalur tahfidz. Nah, para lulusan pondok pesantren dapat mengikuti berbagai beasiswa mulai dari jalur tahfidz tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga mereka dapat mendaftar beasiswa jalur lainnya. 

Selain itu, beasiswa ke luar negeri juga mensyaratkan untuk menguasai bahasa asing. Nah, ajaran bahasa asing yang diberikan oleh pondok sangat membantu mereka. Oleh sebab itu, bagi para santri, peluang untuk berkuliah di luar negeri sangat besar. Apalagi hal ini ditunjang dengan ilmu agama yang sudah mumpuni sehingga dapat menjadi tameng pelindung. 

Terhindar dari Dampak Negatif Pergaulan 

Tak dapat dimungkiri, dunia modern saat ini sangat banyak hal-hal negatif yang dapat menjerumuskan generasi bangsa. Kita memang tidak dapat mencegah hal itu untuk hadir. Sebab, karena lingkungan itu sendiri merupakan bagian dari pembentukan kepribadian. Untuk itu, jika ingin lingkungan yang baik, bergaullah dengan orang-orang baik. 

Nah, bersekolah di pondok pesanten dapat memengaruhi pergaulan anak. Lingkungan yang baik dan penuh ilmu membuat karakter mereka terbentuk dengan baik. Selama masa studi ini, siswa dapat terhindar dari dampak negatif pergaulan. Sebab, lingkungan pondok pesanten sangat menjunjung tinggi kegiatan-kegiatan positif bagi siswa serta menghindarkan dari kegiatan negatif di lingkungan luar. 

Itulah kelebihan bersekolah di pondok pesantren. Sangat menarik bukan? Yuk mondok! 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close