Ini Kelebihan Pendidikan Di Daycare, Solusi Untuk Working Mom!

PAUD, malangpost.id – Daycare (tempat penitipan anak) menjadi pilihan bagi beberapa working mom, terutama di kota-kota besar. Umumnya orang tua memilih daycare dengan pertimbangan kelebihan pendidikan di daycare dan pengasuhan yang diberikan selama si kecil berada di tempat penitipan anak.

Tempat penitipan anak menjadi pilihan jika Anda salah satu dari ibu yang bekerja dan tidak memiliki anggota keluarga atau kerabat yang dapat dipercaya menjaga dan merawat si kecil.  

Umumnya daycare memiliki beragam fasilitas dan kegiatan untuk bermain dan belajar. Orang tua bisa lebih fokus bekerja dan merasa aman saat anak berada di daycare. Nah, apakah Anda masih ragu memilih daycare? Berikut manfaat daycare untuk anak yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Anak lebih pandai bersosialiasi

Daycare bisa menjadi tempat si kecil untuk belajar bersosialisasi selain dengan keluarganya. Si kecil akan bertemu dan menghabiskan waktu bersama anak-anak lain sebayanya yang juga tidak ditemani orang tua. Nah, dalam waktu itulah anak akan berinteraksi dengan anak-anak maupun orang dewasa lainnya.

Anak akan belajar banyak hal tentang berkomunikasi, pertemanan, dan berbagi. Si kecil juga akan belajar toleransi, tolong menolong, dan menyelesaikan masalah.

Dalam aktivitas hariannya, anak juga akan belajar tentang hal-hal seperti antri dan bekerja sama. Hal ini akan mengasah perkembangan pribadi dan perilaku anak.

Belajar rutinitas dan disiplin

Jadwal kegiatan di daycare sudah dirancang dengan terstruktur setiap harinya. Dengan beragam kegiatan yang dilakukan, anak akan belajar tentang rutinitas yang dilakukannya selama berada di daycare, seperti jadwal tidur siang atau jadwal makan.

Jadwal kegiatan yang rutin juga akan membantu anak belajar disiplin dengan semua pola aktivitas hariannya. Seperti cuci tangan sebelum makan atau jika sudah masuk waktu istirahat untuk berhenti bermain dan merapihkan mainan.

Stimulasi untuk proses tumbuh kembang lebih banyak

Umumnya pengasuh dan guru di daycare merupakan profesional dan memiliki keahlian. Kegiatan berbasis pendidikan yang diberikan di daycare serupa dengan PAUD, sehingga si kecil mendapatkan stimulasi yang tepat sesuai usianya. Hal ini tentu akan membantu proses tumbuh kembangnya.

Si kecil juga bisa belajar keterampilan yang akan membantunya di sekolah. Anak akan diajarkan beragam kegiatan seperti menggambar, melukis, menyanyi, menyusun balok atau puzzle, dan lainnya.  Kegiatan yang dilakukan akan merangsang perkembangan kognitif si kecil.

Anak menjadi lebih mandiri

Daycare bisa membantu anak menjadi tidak terlalu mengandalkan orang tua dan orang lain. Umumnya, satu pengasuh atau guru di daycare akan menangani hingga lima anak. Hal ini akan mengajarkan anak untuk ‘berbagi’ guru atau pengasuhnya dengan teman-temannya.

Pendidikan di daycare akan membuat anak belajar untuk bisa melakukan hal-hal sederhana sendiri. Mulai dari makan sendiri, mengambil dan mengembalikan mainan, serta tidur sendiri. Namun, anak juga tahu kalau sewaktu-waktu ia bisa meminta bantuan kepada guru atau pengasuhnya.

Lingkungan yang menyenangkan

Jika Anda memilih babysitter atau ART untuk menjaga si kecil, ia akan lebih sering menghabiskan waktu di rumah dengan babysitter atau ART. Bisa jadi, anak akan bergantung pada gadget atau televisi.

Daycare bisa menjadi pergantian suasana dan lingkungan bagi anak. Bahkan, anak bisa mendapatkan pengalaman seru selama di daycere. Si kecil akan bertemu dengan lebih banyak orang dan juga banyak melakukan beragam aktivitas yang mendidik.

Kelebihan pendidikan di daycare

Daycare menawarkan berbagai macam fasilitas dan aktivitas yang bisa membantu tumbuh kembang si kecil. Dan dengan guru dan pengasuh yang berpengalaman, aktivitas disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak.

Tentu saja, anak dan orang tua sama-sama butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan suasana daycare. Namun, anak yang menghabiskan waktu di daycare akan menjadi lebih percaya diri, mudah bersosialisasi, dan juga lebih mandiri. Anak juga akan belajar bertoleransi, saling menolong, dan menghormati orang lain.

Beberapa daycare menyediakan fasilitas seperti CCTV agar orang tua bisa memantau anaknya secara langsung secara online. Anda juga bisa meminta rekaman berupa foto atau catatan anak setiap hari. Jadi, sudah yakin untuk menitipkan buah hati Anda ke daycare? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *