Ini 6 Soft Skill yang Harus Dimiliki Anak Sejak Usia Dini

Soft Skill apa saja sih Bunda yang harus dimiliki anak?

PAUD, malangpost.id – Sebelum memberikan pelajaran ke anak lebih luas, maka anda selaku ayah ibu nya harus paham dan tahu apa saja skill yang harus dipunya anak pada usia dini. Hal tersebut penting untuk menunjang masa depan anak. Terkhusus kepribadian maupun karakternya.

Skill-skill tersebut belum tentu diajarkan di sekolah. Sehingga Ayah dan Bunda coba bekerja ekstra yah di awal. Tidak apa, demi kesejahteraan anak di masa depan kan siapa tahu. Bersakit-sakit dahulu, baru bersenang-senang kemudian adalah hal wajar.

Berikut ini akan disajikan tentang beberapa skill yang harus dimiliki anak sejak usia dini, diantaranya:

1. Skill Kejujuran

Kejujuran merupakan hal utama yang perlu diasah. Selain memiliki kualitas pribadi yang baik juga mendekatkan diri kepada Tuhan. Ajarannya seperti itu. Anda selaku orang pertama di lingkungannya, harus mengayomi dengan memberikan pembelajaran seperti itu.

Anda dapat memulainya dengan memberikan contoh melalui sikap maupun tindakan anda. Baik Ayah maupun bunda sama-sama bekerjasama untuk menjadi orang tua dalam mendidik maupun mengasuh mereka. Jadi, cobalah menjadi model terbaik Ayah Bunda!.

2. Skill Komunikasi

Hal ini tidak boleh dianggap sepele, karena bisa membantu kehidupan lebih baik lagi jika punya skill ini secara bagus. Jadi jangan sampai anak kesulitan dalam berkomunikasi. Saat belajar mungkin anak akan sungkan atau takut salah dalam berkata-kata.

Tetapi anda sebagai pengajar pertama harus memaklumi hal tersebut. Agar anak tidak takut untuk mencoba. Jadi anda bisa melatihnya sesering mungkin sampai ia bisa berkomunikasi dengan bagus dan benar. Karena komunikasi memang penting mengingat sebagai bahasa sehari-hari.

Maupun mencapai tujuan hidup.

3. Skill Kesopanan

Kesopanan merupakan salah satu hal yang disoroti oleh penduduk Indonesia. Sehingga kebudayaan ini tetap harus dilestarikan mengingat dampaknya luar biasa didapat jika kesopanan bisa diaplikasikan di tempat yang tepat.

Jadi, anak mulai pertama harus diberi pelajaran tentang sopan santun. Semakin berkembangnya zaman tahu sendiri kan, kalau anak sekarang kurang atau malah tidak sopan santun sama sekali. Itu yang perlu disayangkan dan diprihatinkan.

4. Skill Tanggung Jawab

Hal ini penting bagi anak anda, entah laki-laki maupun perempuan sama saja. Mereka harus dididik dan bisa menumbuhkan akan hal itu. Kadang dengan fasilitas yang memadai, anak malah cenderung mengabaikan tanggung jawabnya.

Sehingga tetap prinsipkan hidup anda bahwa anak-anak perlu diajarkan akan hal ini. Agar nanti saat dewasa mereka bisa bijak dan mengatur kehidupannya sendiri. Apapun konsekuensi dan permasalahan yang ada. Bisa mulai dengan Ayah Bunda memberi contoh.

5. Skill Kecakapan

Kecakapan identik dengan cepat tanggap. Sehingga diperlukan sikap cakap dalam bertindak maupun melakukan berbagai hal yang pastinya positif dan bermakna. Memberikan pelajaran mulai dari anda membiasakan anak untuk tepat waktu dalam menyelesaikan tugas.

Jadi jangan sampai tugasnya selalu ditunda terus. Itu tidak baik. Salah satu hal tersebut dilakukan secara konsisten agar nantinya menjadi pribadi yang tanggap secara cepat maupun cakap dalam menanggapi semua hal tanpa melupakan pertimbangan-pertimbangan yang ada.

6. Skill Fokus

Anak jaman now atau sekarang (millenial) kebanyakan tidak bisa fokus terhadap satu hal. Hal tersebut didasarkan pada aktivitas banyak yang ia miliki serta jalankan. Sehingga dengan mudah, fokus mereka terpecah belah.

Jadi cara Ayah Bunda mendidik dalam bagian ini adalah dengan mengajarkan anak untuk bisa membedakan dan memilah-milah mana hal yang perlu diutamakan terlebih dahulu (prioritas) maupun hal yang bisa ditunda. Jadi dengan begitu anak-anak bisa menjadi pribadi yang fokus.

Itulah tadi 6 skill yang harus dimiliki anak sejak usia dini. Semoga berhasil mendidik anaknya yah Ayah Bunda. Semoga bermanfaat. See you pada rubrik selanjutnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close