Apa itu Metode Sentra pada Pendidikan Anak Usia Dini?

Yuk cari tahu apa itu Metode Sentra          

PAUD, malangpost.id – Perlu diketahui, sebelum membahasa inti pokok di artikel ini, maka anda harus tahu dan paham apa arti secara mendasar atau fundamental dari Metode Sentra. Metode Sentra pasti diajarkan untuk anak-anak usia dini.

Terdapat tiga jenis main yang ada dalam metode ini. Metode ini juga sekaligus sebagai model pembelajaran. Main di metode ini sama dengan melakukan permainan melalui alat untuk bermain secara edukatif. Untuk lebih lanjutnya, simak penjelasan berikut ini:

Apa Itu Metode Sentra untuk Anak Usia Dini?

Metode Sentra adalah model pembelajaran kurikulum anak-anak usia dini yang dirancang oleh Pamela C. Phelps, Ph.D (seorang pendidik usia dini). Nama lain dari metode ini adalah Beyond Centers and Circle Time (BCCT).

Metode ini dibuat dalam rangka memenuhi kebutuhan model belajar untuk anak usia dini. Ketiga permainan yang dijadikan model tersebut diantaranya adalah main sensorimotor, main pembangunan, dan main peran.

Tiga  jenis main tersebut dijalankan secara terpadu dan terukur sesuai tahap perkembangan anak. Tiga jenis tersebut disediakan di Sentra-Sentra. Tahu sendiri, bahwa Sentra merupakan unit arena atau wilayah bermain yang berisi macam-macam alat permainan edukatif (APE).

Setiap Hari Guru Menyediakan Rangkaian Aktivitas Main

Setiap hari, guru harus menyiapkan rangkaian aktivitas bermain selama sehari bagi anak-anak usia dini. Rencana tersebut harus sudah matang agar proses pembelajaran berhasil dan tahap perkembangan anak sesuai maupun tercapai.

Guru harus memperhatikan kecukupan jumlah aktivitas main dan lama prosesnya dalam bermain. Rencana guru dalam metode Sentra bisa dimulai dengan penataan lingkungan main yang memperhatikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran dalam bermain.

Dalam permainan dibuat tema yang fungsinya untuk mengikat berbagai pengetahuan dan konsep dasar yang diberikan secara terstruktur kepada anak. Dengan begitu fungsi guru sebagai fasilitator terlaksana. Fungsinya meliputi observasi perkembangan setiap anak yang dididik.

Riwayat Penggunaan Metode Sentra (BCCT) di Indonesia

Metode Sentra pertama kali dibawa oleh drg. Wismiarti pada tahun 1996 yang mana beliau melakukan perjalanan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Enaknya dengan metode Sentra anak memiliki lebih dari satu guru.

Terdapat tiga guru sesuai tiga jenis yang ada dalam metode tersebut. terdapat guru lain, yaitu orang tua sendiri di rumah. Tahap perkembangan dari anak disini benar-benar dimonitor dan diperhatikan dengan benar agar bisa dievaluasi secara cepat.

Aspek fisik juga sikap maupun perilaku juga diperhatikan. Prinsip penting dalam metode ini adalah:

1. Prinsip Kebutuhan Anak

Semua pihak pasti menyadari bahwa pendidikan harus didasarkan pada kebutuhan anak. Karena itu kegiatan pembelajaran harus sealu mengacu pada tujuan terpenuhinya kebutuhan perkembangan anak secara individu. Hal tersebut sangat penting karena setiap anak berbeda.

2. Prinsip Dunia Bermain

Dunia anak pastinya masih meliputi dunia bermain. Sehingga konsep yang dirancang harus ada unsur mainnya. Anak akan termotivasi dan banyak belajar dari permainan yang menyenangkan. Misalnya melakukan permainan balok maupun batu.

3. Prinsip Sistematis

Pembelajaran harus dirancang secara cermat agar sistematis. Anak akan diajarkan untuk memilih serangkaian kegiatan, fokus dengan apa yang dikerjakan, dan berusaha menyelesaikan pekerjaan tersebut sampai selesai.

4. Prinsip Kecakapan Hidup

Prinsip ini berkaitan dengan perkembangan kecakapan anak, membantu dalam hal mandiri, disiplin, dan mampu untuk bersosialiasi. Selain itu anak diharapkan bisa memiliki keterampilan dasar yang berguna bagi kehidupannya kelak.

5. Prinsip Tahap Perkembangan Anak

Pendidikan disini dilakukan secara bertahap dan dilakukan secara ulang. Hal tersebut mengacu pada prinsip perkembangan anak. Stimulus yang diberikan bersifat secara menyeluruh dan mencakup semua aspek. Jadi yah seperti itu.

6. Prinsip Pijakan

Dalam bermain anak nantinya akan mendapatkan pijakan dari guru. Pijakan tersebut meliputi metode khusus yang mana membuat anak bisa mempelajari banyak konsep dan hal baru saat bermain. Nah, pijakan ternyata penting agar anak semakin bertumbuh maupun berkembang.

Itulah penjelasan mengenai metode Sentra. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close