Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Masa Depannya

Kuliah ilmu komunikasi memang membawa dampak banyak bagi kehidupan

KAMPUS, malangpost.idBagi anda yang ingin kuliah komunikasi pasti bertanya-tanya apakah benar jurusan itu bagus. Bagaimana dengan prospeknya?. Semua pasti dilema akan hal ini. suka dengan jurusan ini, tapi pihak lain kadang tidak menyetujui karena alasan pekerjaan.

Tahukah anda?. Ternyata jurusan ilmu komunikasi sudah hits loh dan prospek kerjanya juga bagus. Pada akhirnya pemilihan jurusan ini tergantung kemampuan anda dan kebutuhan anda. Seperti apa sih?. Yuk di cek lebih dalam tentang jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Masa Depannya, diantaranya:

1. Memiliki Prospek Kerja yang Cukup Besar

Jurusan ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang cukup besar. Apalagi di masa depan ini, komunikasi itu sangat diperlukan dalam kelancaran sehari-hari kebutuhan kita. Terdapat alasan mendasar bahwa sekarang ilmu komunikasi dalam dunia kerja itu perlu.

2. Jurusan Ilmu Komunikasi dekat dengan Teknologi

Jurusan Komunikasi dekat dengan teknologi sehingga menyesuaikan dengan zaman sekarang. Sehingga jurusan ini bisa beradaptasi sesuai perkembangan zaman. Komunikasi juga dilakukan setiap hari. Jadi, memang jurusan ini perlu.

3. Eranya Sudah berbeda, Pakai Digital

Eranya zaman digital, sehingga semua akses informasi menggunakan komunikasi internet maupun digital. Mulai dari mengurus administrasi dan urusan pribadi lainnya sekarang sudah menggunakan bantuan digital. Jadi ilmu komunikasi selalu berkembang seiring majunya zaman dan perubahannya.

4. Jurusan ini Dibutuhkan atau Bisa Masuk ke Perusahaan maupun Instansi Manapun

Jurusan ini fleksibel dan banyak dicari orang karena memang pekerjaan membutuhkan ini semua. Jadi semua perusahaan, instansi, dan lain-lain pasti membutuhkan ini. semua rata tidak luput sama sekali. Setiap lembaga juga membutuhkan Humas atau Public Relation (PR).

5. Jurusan Ilmu Komunikasi Mencakup Beberapa Prospek

Dalam jurusan ilmu komunikasi terdapat prospek yang bisa dijalankan, yaitu jurnalistik (media), Humas (kantor, instansi, lembaga pemerintahan/swasta), dan periklanan (bisnis). Jadi ilmu komunikasi sangat penting dalam kelancaran proses kerja.

6. Bisa Jadi Produser Loh

Seorang produser dalam memproduksi sebuah event atau film harus ahli dalam ilmu komunikasinya dan jurusan ini turut andil di dalamnya. Profesi ini bisa diemban dengan konsentrasi di bidang Broadcast yang paham betul akan proses membuat media.

7. Jadi Sutradara

Kemampuan merangkai scenario dan cerita dalam pembuatan media seperi film, iklan, maupun tayangan video lainnya. juga perlu mengambil konsentrasi dari jurusan ini. jadi pekerjaan ini sangat terbuka bagi lulusan ilmu komunikasi.

8. Kameramen

Bagi mereka yang mengambil konsentrasi ini harus tahu dan punya basic tentang kamera dan penggunaannya. Dalam hal tersebut proses meliput memang perlu agar semua terdokumentasikan dengan baik.

9. Fotografer

Dunia fotografer sudah tidak asing dan banyak yang mengambil ini. pekerjaan ini tidak lepas dari yang namanya ilmu komunikasi. Mulai dari penataan foto, carilah gambar yang pas sesuai media yang akan dibuat. Gambar yang bagus dan cocok dan posisinya yang cocok itu juga perlu.

10. Jurnalis

Pekerjaan ini juga banyak digandrungi dan sudah terkenal dari dulu. Lulusan ilmu komunikasi memang cocok akan hal ini. lulusan ini cocok dalam ilmu komunikasi lewat internet langsung maupun bertatap muka langsung.

11. Editor

Anda punya keahlian menulis?. Selain pandai dalam menulis, anda juga bisa menjadi seorang editor jika teliti dan pintar menganalisis maupun menilai. Menjadi seorang editor bukanlah hal yang sulit dan gampang.

Nah, itulah tentang jurusan ilmu komunikasi beserta prospek kerjanya. Semoga berhasil dan bermanfaat. Cayo.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close