Pilihan Program Studi Bahasa Asing di Dunia Kerja

Kuliah Program Studi Bahasa Asing anda pilih dulu sebelum memasuki dunia kerja

KAMPUS, malangpost.id – Jurusan bahasa menjadi salah satu jurusan yang diminati di dunia sekarang. Bagaimana tidak?. Dengan bertambahnya jaman diharapkan setiap orang memiliki bahasa lebih dari satu. Apalagi bahasa internet maupun dunia itu diperlukan dalam dunia kerja.

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah, bisa pilihan program studi bahasa dipakai dan dipilih. Masalahnya, jangan sampai memilih program studi bahasa asing yang salah. Utamakan sesuai kebutuhan, agar cari kerja anda gampang.

Berikut ini akan dijelaskan pilihan program studi bahasa asing yang bisa berguna untuk dunia kerja, diantaranya:

1. Bahasa Inggris

Yap, pasti bahasa asing satu ini pasti utama dan wajib dimiliki oleh kaum yang ingin berkembang maupun maju demi zaman yang mengalami perubahan. Jadi bahasa Inggris itu perlu, minimal bisa sedikit-sedikit lah. Semangat untuk menatap masa depan lebih cerah.

Sekarang di dunia kerja hampir semua perusahaan baik yang terkenal maupun biasa sedang berlomba-lomba mencari pegawai yang berkualitas. Salah satu persyaratan dalam memasuki perusahaan tersebut adalah dengan memiliki TOEFL atau IELTS. Minimal ada persyaratan bisa berbicara bahasa Inggris.

Malah sekarang adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membuat orang berbondong-bondong dan terbuka untuk berkompetisi dalam dunia kerja. Semua orang asing termasuk Indonesia bisa mencari pekerjaan di negara-negara ASEAN.

2. Bahasa Korea

Ini tidak diragukan lagi, dengan boomingnya drama Korea membuat para netizen dan masyarakat luas di negara lain menginginkan kerja di Korea. Tak jarang, mereka sampai rela belajar bahasa Korea agar bisa memahami negara ini dan seluk beluk dunia kerjanya.

Dua negara ini (Indonesia-Korea Selatan) kebetulan sedang menjalin kerja sama bilateral dengan menyepakati komitmen kerja di tiga sektor industri. Industri tersebut antara lain dalam hal baja, kreatif, dan kemaritiman.

Korea dianggap sebagai mitra akselerasi Indonesia dalam mengembangkan industri. Dengan adanya kesepakatan itu, lulusan jurusan bahasa Korea otomatis bisa banyak diterima dalam menghubungkan dunia kerja dua negara tersebut. terkhusus penerjemah atau humas dari Indonesia untuk / ke Korea.

3. Bahasa Jepang

Tahu sendiir kan, Jepang dulu pernah meduduki Indonesia. Tapi jangan salah paham, pesona kemajuan dari negara ini memang diakui oleh banyak negara, salah satunya Indonesia. Jadi lupakan masa lalu yang menyakitkan dan ambil positif dari negara ini, salah satunya dalam hal bahasa asingnya.

Setelah kemerdekaan, hubungan dua negara ini membaik. Mereka saling melupakan kenangan pahit yang ada dan memaafkannya. Peluang kerja masyarakat Indonesia ke Jepang diperluas dan dibuka secara cuma-cuma hanya untuk Indonesia.

Jadi dengan sejarah seperti itu, banyak dampak positif yang dibawa dan dirasakan oleh Indonesia dengan Jepang. Terima kasih. Jepang juga menawarkan banyak beasiswa pendidikan untuk masyarakat Indonesia terkhusus yang sedang dan akan kuliah menuju jenjang yang lebih baik lagi.

4. Bahasa Belanda

Bahasa Belanda juga menjadi bahasa yang sedang diminati oleh orang Indonesia, terkhusus jurusan sejarah. Kenapa?. Fungsinya untuk menerjemahkan data-data kuno bersejarah yang berkaitan dengan Belanda. Sehingga kita sebagai orang Indonesia tahu bagaimaa sejarah Belanda menjajah Indonesia.

Salah satu contohnya seperti itu. Belakangan ini, Belanda banyak menerima pelajar dari Indonesia untuk berkuliah disana. Kerja sama beasiswa juga dirasakan di dua negara tersebut. Adanya beasiswa LPDP luar negeri menjadi bukti akan hal tersebut.

Jadi jangan anggap jika bahasa Belanda jadul, tetapi bahasa ini sangat diperlukan dalam mengorek-ngorek sejarah Indonesia kita beserta mencari bukti kebenaran maupun mengembalikan barang-barang yang dirampas, dicuri, atau hilang dari pihak lain.

So?

Salah satunya Belanda bisa ditarik dan ikut bekerja sama akan hal tersebut. Itulah pilihan program studi bahasa asing yang berguna untuk dunia kerja anda. Semoga tetap semangat dalam mempelajari bahasa asing, terkhusus tidak lupa akan bahasa kita, salah satunya bahasa Jawa.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *