Begini 3 Cara Membangun Minat Baca pada Anak

Membangun Minat Baca Pada Anak memang perlu agar nanti dewasa ia menjadi orang yang bijak

DIKSAR, malangpost.id – Ingat, dengan membaca anda bisa menjadi orang yang bijak dan cerdas dalam memecahkan masalah maupun mengatasi masalah kehidupan ini dan rencana ke depannya seperti apa. Membaca bisa dijadikan sebagai jadwal tersendiri yang wajib. Karena, hal tersebut membantu otak kecerdasannya.

Di era serba teknologi ini, anda bisa membaca lewat media digital (e-book). Tapi sayang ada yang tidak suka dengan cara seperti itu, sukanya yang manual atau baca secara langsung saja. Selain baik di mata juga bisa dibaca secara ulang dan tidak membosankan.

Untuk itu, berikut ini dipaparkan bagaimana cara membangun minat anak dalam membaca, diantaranya:

1. Jadilah Contoh bagi Anak

Membaca buku kalau bisa mulai tanamkan dari dini. Karena apa?. Berkaitan dengan melatih emosional maupun kecerdasan pada anak. Agar anak bisa gemar dan minat dalam membaca maka mulai dari orang tua mengenalkan bagaimana membaca yang baik dan menarik sehingga tertarik anak.

Jadilah model terbaik untuk anak. Biasanya awal mula agar tertarik adalah dengan membiarkan anak dalam memilih buku yang akan dibaca. Tetapi ingat, buku yang dibaca itu sudah dipilih ibu untuk kemudian dipilih anak. Jadi ibu memfilter dulu mana saja buku yang boleh dibaca sesuai usia.

Sehingga dari situlah muncullah ketertarikan untuk membaca dan jadi minat akan buku bacaan. Ajak anak juga mengunjungi toko buku maupun yang berkaitan dengan buku secara rutin. Sehingga anak mulai suka dengan dunia buku beserta buku yang ia pilih.

2. Ciptakan Tempat yang Nyaman untuk Baca

Untuk membentuk anak menjadi gemar membaca secara berkelanjutan, maka anda perlu menciptakan tempat yang nyaman bagi anak dalam membaca buku. Dengan tempat yang nyaman, anak bisa berkonsentrasi dalam membaca bukunya. Sehingga isi buku bisa masuk ke dalam pikirannya.

Ingat, jangan memaksa anak untuk selalu baca bacaan yang berat-berat apalagi pelajaran. Ingat perlu waktu tersendiri agar anak bisa mencintai buku tanpa kekangan pilihan mana buku yang akan dibaca. Nanti lama-lama bosan kalau baca buku pelajaran saja. Karena otak perlu refreshing.

Dengan tempat yang nyaman, anak akan menemukan kecintaannya sendiri terhadap buku dan ketagihan dalam membaca buku. Semakin anak gemar dalam membaca buku, maka anak akan bertambah wawasannya dan ayah ibu tidak akan khawatir dengan tingkah laku anak.

3. Mulai Bacakan Cerita

Ini perlu, demi mencontoh yang baik maka jadilah model yang terbaik juga untuk anak. Salah satunya dalam memulai membacakan cerita kepada anak. Entah di waktu senggang maupun waktu akan tidur. Anak suka sekali ketika diberikan contoh dalam membacakan isi buku atau cerita bukunya.

Semakin anak memperhatikan anda terlalu, maka kemungkinan besar dia tertarik dengan ceritanya. jadi ayah ibu kalau baca yang bagus yah dan jelas, sehingga nanti anak bisa mencontoh dengan baik. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk anak di usia balita. Anak usia sekolah juga tidak masalah.

Terpenting Ayah Ibu tahu batasan dalam hal usia sampai mana anak mendapatkan perlakuan seperti itu. Dari buku cerita, anak juga mendapatkan hikmah banyak entah sisi positifnya maupun negatifnya yang dijadikan pembelajaran.

Pahami..

Pahami minat baca anak sebelum memulai. Daripada cepat membaca maupun menulis, lebih baik menumbuhkan minat baca dulu lebih penting. Ini yang sulit jika tidak tahu teknik dan struktur dalam mendidiknya.

Semngat-semangat. itulah cara membangun minat anak pada baca buku. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

1 Comment

  1. Aw, this was an exceptionally nice post. Taking a few minutes and actual effort to generate a superb article… but what can I say… I procrastinate
    a lot and don’t manage to get anything done.

    my page baca saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close