4 Ide Sensori Play Ciptakan Imajinasi Kreatifitas Anak

Ide bermain Sensori Play memang seru                            

PAUD, malangpost.id – Adanya sensori play digunakan agar anak terlatih imajinasinya maupun kreatifitasnya. Apalagi sejak usia dini berlakukan pelatihan seperti itu. Jadi Ayah Bunda harus peka yah. Dengan hal itu anak bisa berkembang dengan cara yang menyenangkan.

Kata Sensory Play ini tidak asing lagi bagi Ayah Bunda yang sudah memiliki anak. Tahu sendiri kan bahasa Inggrisnya sense (panca indera) dan play (bermain). Jadi Sensory Play itu adalah permainan anak-anak yang merangsang indera anak, seperti dalam hal sentuhan.

Untuk tahu lebih lanjutnya langsung simak saja berikut ini yuk.

Sensory Play Merangsang Beberapa Indera

Indera yang dirangsang selain sentuhan adalah indera penciuman, pengecapan, gerakan, keseimbangan, dan pendengaran. Pembuatan permainan ini ada yang mudah sampai yang cukup sulit (dibuat oleh yang sudah profesional dan kreatif).

Bahan-bahan untuk permainan ini cukup mudah dicari di pasar-pasar maupun lingkungan rumah kita, maupun rumah kita sendiri. Terpenting adalah sediakan semua Sensory Play yang memang harus ada dan mendukung semua panca indera yang dirangsang.

Permainan yang bisa dicoba, diantaranya: pasta kering dengan berbagai bentuk, koran yang dibasahi, kantung yang diisi slime, water beads, playdough, potongan buah dengan berbagai tekstur, dan lain sebagainya. Intinya satu, tetap berikan terbaik untuk anak.

Penjelasan..

Daftar permainan Sensory Play yang bisa dicoba antara lain:

1. Permainan Pasta Kering dengan Berbagai Bentuk

Bentuk pasta pasti bermacam-macam, sehingga dijadikan ide untuk permainan sensori. Anda bisa melakukannya dengan merebus setengah matang. Kemudian permainan ini juga aman untuk anak yang masih berumur muda.

Jenis pasta bisa anda beli pasar-pasar dan sudah mudah ditemukan disana. Tersedia berbagai bentuk dan ukuran. Pasta dituangkan dalam satu wadah dan dikelompokkan sesuai bentuk. Kemudian tambahkan warna (pakai pewarna) di setiap pasta.

Ajak anak untuk memisahkan setiap pasta berdasarkan warnanya. Maupun bentuknya.

2. Permainan Koran yang Dibasahi

Koran bekas jangan langsung dibuang. Bisa dipakai untuk permainan Sensory Play yang mana koran direndam air dan dijadikan bubur. Cara membuat itu bisa dengan mengajak anak. Anak sekaligus bisa memainkan koran yang sudah jadi bubur itu.

Jika ingin lebih kreatif, anda bisa mencampurkan sedikit pewarna ke dalam air agar bubur koran menjadi warna-warna yang diinginkan. jadi anak-anak bisa berpikir kreatif juga Ayah Bunda. Ikut andil dalam memilih warna mana yang cocok.

3. Permainan Kantung yang Diisi Slime

Tahu sendiri kan Slime adalah bahan yang sangat populer untuk dijadikan ide permainan sensori. Anda bisa menggunakan Slime tanpa dimasukkan ke kantung. Jika anda tidak ingin berantakan, maka masukkan Slime ke dalam kantung. Dua-duanya sama kok bisa dijadikan permainan.

Anda bisa memasukkan slime dengan warna yang berbeda-beda ke setiap kantung Ziploc transparan. Anda bisa menambahkan manik-manik atau glitter ke dalam kantung untuk menambah tekstur dan warna yang terbaik. Coba saja deh.

4. Permainan Water Beads

Tahu sendiri kan Water Beads adalah butiran yang berukuran kecil yang terbuat dari air dan polimer (jenis penyerap air). Saat bahan ini kering, maka direndam dalam air dan butiran tersebut akan mengembang seperti spons.

Cara bermain termudah dalam permainan ini adalah dengan menaruh bahannya ke wadah besar, kemudian biarkan anak anda mengaduknya sambil merasakan teksturnya. Bahan ini tidak dapat dimakan, jadi awasi anak anda yah!.

Nah, itulah penjelasan mengenai 4 ide kreatif Sensori Play dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close