Pilih SD Negeri Atau Swasta? Ini Pertimbangannya!

Bingung memilih sekolah anak? Pilih SD Negeri atau Swasta? Pertimbangkan dulu sebelum memutuskan!

DIKSAR, malangpost.id – Memilih sekolah dasar ternyata tak semudah kelihatannya. Biasanya, menjelang tahun ajaran baru, tidak sedikit orang tua yang masih bingung memilih sekolah anak. Banyak orang tua dihadapkan dengan pilihan untuk memasukkan anak ke sekolah dasar negeri atau swasta.

Banyak yang beranggapan bahwa sekolah swasta lebih baik dari sekolah negeri karena menawarkan berbagai fasilitas yang lebih mumpuni. Namun, tidak sedikit juga anak lulusan sekolah dasar negeri yang berprestasi. Selain itu, kini sudah banyak sekolah negeri favorit yang kualitasnya bagus.

Nah, sebelum memutuskan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan orang tua saat memilih sekolah.

1. Biaya

Faktor biaya umumnya menjadi pertimbangan utama orang tua memasukkan anak ke SD Negeri atau Swasta. Sekolah negeri membebaskan uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan uang gedung pada tingkat SD dan SMP.

Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah terkait program wajib belajar 12 tahun. Meskipun gratis, terkadang masih ada biaya yang dibebankan kepada orang tua murid untuk kebutuhan penunjang sekolah.

Berbeda dengan sekolah negeri, sekolah swasta mewajibkan orang tua untuk membayar penuh SPP karena sekolah swasta tidak mendapat bantuan dari pemerintah. Selain itu, sekolah swasta memiliki fasilitas yang lebih banyak, maka biaya yang dibebankan kepada orang tua pun bertambah.

Dengan pertimbangan biaya, orang tua diharapkan realistis dalam memilih sekolah. Jika memilih sekolah swasta terbaik namun khawatir tidak bisa membayar ke depannya, sebaiknya tidak perlu dipaksakan.

2. Daya tampung & jam belajar

Seperti kita ketahui, biasanya jumlah siswa dalam satu kelas bisa mencapai 40 orang anak di sekolah negeri. Sedangkan untuk sekolah swasta umumnya akan dibatasi hanya sekitar 20 orang saja. Banyak jumlah siswa dalam satu kelas tentu akan berpengaruh terhadap guru yang mengajar.

Guru akan lebih mudah mengajarkan suatu materi dan membimbing siswa di kelas dengan siswa yang lebih sedikit. Tidak itu saja, jam belajar di sekolah negeri juga relatif lebih singkat. Kontras dengan sekolah negeri, sekolah swasta menerapkan jam belajar yang lebih lama. Hal ini bisa menjadi pertimbangan orang tua dalam memilih SD Negeri atau Swasta.

3. Fasilitas sekolah

Setiap sekolah memiliki sarana dan prasarana demi menunjang kegiatan belajar. Kebanyakan fasilitas di sekolah negeri bergantung pada biaya yang diberikan oleh pemerintah. Jika Anda menyekolahkan anak ke sekolah negeri, fasilitas yang didapat adalah standar pendidikan di Indonesia.

Fasilitas di sekolah swasta tergolong lebih komplet dengan adanya pembayaran SPP, uang kegiatan, dan uang gedung. Anda bisa melihat, banyak sekolah swasta yang memiliki ruang kelas ber-AC dan peralatan digital canggih. Hal ini biasanya menjadi pertimbangan orang tua karena fasilitas yang kurang layak bisa jadi mengganggu konsentrasi anak atau membatasi proses belajar anak.

Baca juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Memasukkan Anak ke Sekolah Alam

4. Lingkungan dan interaksi di sekolah

Lingkungan di sekolah menjadi salah satu pertimbangan orang tua dalam memilih SD. Di SD negeri atau SD swasta nasional, anak akan bertemu dengan teman sebaya yang lebih beragam. Anak bisa belajar tentang toleransi dan menghargai perbedaan, baik dalam perbedaan agama maupun perbedaan etnis.

Sementara siswa di sekolah swasta umumnya datang dari keluarga dengan latar belakang ekonomi atau agama yang relatif sama. Tentu saja, anak juga bisa belajar tentang keberagaman di luar sekolah. Apapun pilihannya, orang tua sejatinya ingin anak memiliki lingkungan yang positif untuk perkembangan karakter dan moral anak.

Mana yang lebih baik, SD Negeri atau Swasta?

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan orang tua memilih SD Negeri atau Swasta, dimana keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai orang tua, Anda juga bisa melibatkan si kecil saat survei sekolah dan mengajaknya berdiskusi tentang pilihan sekolah. Pilihan terbaik kembali ke orang tua masing-masing anak. Namun, perlu diingat, orang  tua juga memiliki andil besar dalam mendidik anak dan membekali anak, terlepas di mana pun sekolah yang dipilih. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close