Tips Sukses Hadapi Ujian Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer Dan Smartphone (EHB2KS)

KAMPUS, malangpost.id – Ujian Nasional tahun 2021 untuk siswa SMA dan SMK kembali ditiadakan melalui Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang diputuskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Keputusan ini diambil berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang belum berakhir. Sebagai pengganti Ujian Nasional sebagai syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ada tiga syarat yang harus dipenuhi peserta didik.

Baca juga: Kuliah di Jurusan Pendidikan? Kenapa Tidak?

Untuk persyaratan pertama, peserta didik menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. Persyaratan kedua, peserta didik memperolah nilai sikap/perilaku minimal baik. Yang terakhir, peserta didik mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan Pendidikan.

Pemerintah akan menggelar Ujian Satuan Pendidikan (USP) dan Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB2KS) sebagai penentu kelulusan siswa SMA dan SMK. Rencana ini disambut positif di Jawa Timur.

Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB2KS)

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi, pelaksaan USP diselenggarakan pihak sekolah. Sementara untuk EHB2KS, sistem dan soal disiapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Melalui EHB2KS, Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim berharap bisa melakukan pemetaan disparitas kualitas pendidikan antar kabupaten/kota di Jatim dan mengukur kemampuan siswa memahami setiap mata pelajaran.

Evaluasi hasil belajar yang harus diselesaikan siswa adalah ujian tulis dan ujian praktik. Untuk bentuk soalnya mengikuti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang meliputi numerasi, literasi dan penalaran.Selain itu, bentuk soal juga mirip dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Tips menghadapi Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB2KS)

Buat siswa kelas XII yang akan menghadapi ujian kelulusan, berikut beberapa tips menghadapi ujian online yang bisa diikuti.

  • Pelajari konsep materi secara mendalam, jangan hanya menghapal rumus.
  • Perbanyak mengerjakan latihan soal agar terbiasa dengan berbagai macam jenis soal.
  • Belajar kelompok atau ikut les memberikan peluang untuk berdiskusi, memecahkan soal-soal, dan berbagi informasi dengan teman-teman yang lain.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari belajar kebut semalam yang bisa membuat kurang tidur dan stres.
  • Pelajari kisi-kisi soal atau materi yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan membeli di toko buku atau mengunduh dari internet.
  • Cukup tidur dan jaga kesehatan agar kondisi badan fit dan rileks saat menghadapi ujian
  • Pelajari cara menggunakan komputer agar tidak gagap teknologi, serta tata cara ujian berbasis komputer agar tidak kelabakan saat hari ujian.
  • Ikuti simulasi ujian agar terbiasa. Biasanya, tiap sekolah akan mengadakan simulasi untuk membiasakan murid.
  • Kurangi kegiatan yang mengganggu konsentrasi belajar, seperti membuka sosial media, bermain games, atau menonton film.
  • Percaya diri dalam menjawab soal yang diberikan. Setelah melakukan persiapan, mempelajari materi, dan berlatih soal-soal, jangan terlalu percaya kalau mendapatkan kunci jawaban dari teman. Bisa jadi, jawaban yang diberikan berbeda soal.

Siap menghadapi EHB2KS untuk bekal ke perguruan tinggi

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk menghadapi Ujian Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone (EHB2KS) sebagai syarat kelulusan SMA dan SMK. Buat yang ingin melanjutkan kuliah, baik D3 dan S1 dan ingin mengambil program studi teknik, kamu bisa mendaftar ke Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang).

Perguruan tinggi swasta terbaik se-Indonesia kategori Institut ini menawarkan jurusan Teknologi Industri dan Teknik Sipil & Perencanaan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program studi di ITN Malang, kunjungi laman resminya di https://www.itn.ac.id/. Semoga sukses ujiannya dan jangan lupa berdoa!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close