Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak sejak Usia Dini

Pendidikan Karakter. Yuk Cek!

PAUD, malangpost.idPendidikan merupakan hal yang penting dalam merubah kehidupan maupun pandangannya. Semakin tinggi tingkatan pendidikan, diharapkan bisa menjadi lebih baik lagi dalam segala hal, apalagi di bidangnya. Pendidikan merupakan hak semua orang, mau mengambil bagian mana dan sampai mana.

Jika pendidikan kita kurang, otomatis jangan salahkan bobroknya kualitas diri yang semakin hari manusia harus dituntut untuk cerdas dan berkarakter. Jadi bisa dibilang, kualitas manusia menggambarkan kualitas yang ia tempati (negara). Jadi negara maju dipengaruhi penduduknya yang maju.

Mau anda dan negara anda tidak maju?. Langsung saja yuk simak pentingnya pendidikan karakter untuk anak sejak dini agar anda terbuka akan pandangan ini.

Salah Satu Pendidikan adalah Pendidikan Karakter

Jangan disepelekan, ternyata pendidikan karakter sangat perlu dalam kualitas manusia. Apalagi aspek ini yang utama dan sangat perlu dipunyai oleh semua orang dalam semua hal. Sehingga anak mulai dini sudah harus dididik bagaimana menjadi manusia yang berkarakter sesuai umurnya.

Dan akan terus berkesinambungan sesuai zaman dan umur. Semakin bertambah, anak harus semakin tahu mana-mana saja karakter yang perlu dipelajari dan diaplikasikan. Para pakar tentang hal ini mengatakan bahwa kegagalan penanaman karakter sejak dini membuat pribadi menjadi bermasalah.

Penanaman Moral juga Perlu

Selain dampaknya sampai ke masa dewasa, pendidikan karakter juga perlu diimbangi oleh moral. Dan nilai moral masuk ke dalam salah satu aspek dari pembentukan karakter. Sehingga dengan penanaman moral sejak dini merupakan strategi yang bagus (strategis).

Usia dini bisa dibilang sebagai usia yang kritis dalam pembentukan karakter karena saat iru juga, (0-6 tahun) mereka menyerap informasi dengan baik sebanyak 80 persen. Penanaman moral sangat perlu dan penting dalam mengimbangi perkembangan zaman yang kadang tidak adil.

Lingkungan itu juga Perlu (yang Cocok dan Mendukung)

Iya, tidak hanya berpatok pada lingkungan saja, tetapi dalam pendidikan karekter itu juga harus didukung oleh lingkungan yang bagus dan memadai (cocok dan mendukung) sehingga proses penanaman karakter yang baik dapat berlangsung dengan cepat.

Peran masyarakat juga perlu dalam penanaman karakter, mulai dari guru, teman, lingkungan selain rumah, dan lain-lain (selain orang tua). Tetapi peran orang tua sangat besar persentasenya jika yang dibina adalah anak usia dini.

Ingat, Pendidik Pertama adalah Orang Tua

Sebagai orang tua, anak mendapat perlakuan, lingkungan yang baik, tata cara yang baik, itu dari orang tua. Jadi, orang tua harus berusaha sekuat tenaga dalam mendidik anak sebaik mungkin. Apalagi yang berkaitan dengan pendidikan karakter.

Ingat, semakin berkembangnya zaman, semakin moral dan karakter anak mulai turun. Kebanyakan fenomena yang didapatkan seperti itu. Apalagi masa pandemi, anak tidak bisa dididik secara karakter oleh guru tetapi kembali lagi kepada peran orang tua yang semakin besar.

Jadi, Masih Mau Menyepelekan Pendidikan Karakter?

Jangan yah, tetapi sebagai insan yang bagus anda harus ingat dan sadar akan pentingnya pendidikan karakter bagi anak nusa dan bangsa. Siapa yang terlambat, dia yang menyesal. Apapun itu, yang terjadi tetap akan terjadi. Tetapi yang namanya preventif (pencegahan) bisa mengubah semuanya jadi baik.

Tetap semangat dalam mendidik anak, apalagi saat anak masih kecil perlu diperhatikan ekstra agar saat tumbuh menjadi dewasa. Menjadi anak yang bisa diandalkan untuk diri sendiri dan orang lain. Untuk nusa dan bangsa pasti ikut.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya pendidikan karakter bagi anak sejak usia dini. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close