Jangan Gugup! Pelajari Tips dan Trik Menghadapi Test Masuk Perguruan Tinggi Berikut Ini!

Kamu siswa kelas XII yang sedang mempersiapkan ujian masuk kampus pilihan? Tenang! Pelajari dulu tips menghadapi test masuk perguruan tinggi berikut ini!

KAMPUS, malangpost.id – Untuk masuk perguruan tinggi, ada test yang harus dilewati oleh calon mahasiswa, diantaranya SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Test untuk masuk perguruan tinggi negeri diadakan oleh pemerintah.

Tidak ketinggalan, perguruan tinggi swasta juga mengadakan test tertulis yang diselenggarakan oleh masing-masing lembaga atau yayasan yang mengelolanya. Seperti diketahui, persaingan masuk perguruan tinggi cukup ketat, terutama Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Tapi, jangan berkecil hati! Dengan persiapan yang baik, kamu bisa meraih impian kuliah di kampus negeri pilihan. Nah, berikut beberapa tips dan trik menghadapi test masuk perguruan tinggi agar bisa lulus dan diterima di kampus pilihanmu.

1. Tentukan pilihan jurusan

Sebelum mengikuti test masuk perguruan tinggi, mulailah menentukan pilihan jurusan. Kamu bisa memulai dengan mencari informasi jumlah peminat dari jurusan yang kamu minati.

iklan-dinas-kominfo

Buatlah urutan pilihan jurusan dari peminat terbesar hingga yang terkecil serta tempatkan jurusan dengan kriteria kelulusan yang lebih tinggi sebagai prioritas. Selain itu, usahakan beberapa pilihan dengan jurusan yang sama, agar peluang kamu untuk lolos semakin besar.

2. Pilih jalur pendaftaran

Untuk masuk perguruan tinggi, ada beberapa jalur pendaftaran dengan ketentuan yang berbeda-beda. Pelajari dan perhatikan setiap ketentuan dengan seksama. Selalu update informasi untuk mendapatkan informasi pendaftaran secara lengkap.

Tidak ketinggalan, lengkapi seluruh berkas administrasi tanpa ada yang terlewat. Jangan lupa, perhatikan juga prosedur pelaksanaan test dan siapkan apa yang perlu dibawa saat test.

3. Atur jadwal belajar

Untuk bersiap menghadapi test, tentu kamu harus menyediakan waktu khusus untuk belajar. Aturlah jadwal belajar sesuai dengan prime time masing-masing. Apakah kamu lebih maksimal belajar di pagi hari, siang, atau malam? Persiapkan sejak dini agar kamu tidak kalah saing dengan pelajar lain.

4. Belajar dengan efektif

Selain niat belajar dengan sungguh-sungguh, belajarlah dengan efektif untuk mendapatkan hasil maksimal. Pelajari materi sesuai kisi-kisi yang diujikan. Usahakan untuk memahami konsep rumus, tidak sekedar menghapal agar bisa mengerti materi dengan lebih mudah.

Oh ya, hindari juga belajar semalam suntuk di satu hari sebelum test. Alih-alih siap menghadapi ujian, bisa-bisa kamu kurang istirahat. Dengan belajar dalam jangka panjang, kamu bisa mempelajari materi secara menyeluruh.

Cek pmb.itn.ac.id untuk info pendaftaran ITN Malang

5. Latihan mengerjakan soal

Tips menghadapi test masuk Perguruan Tinggi selanjutnya adalah latihan mengerjakan soal. Kamu bisa mencari dan mempelajari soal-soal ujian dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan latihan, kamu akan terbiasa dan tidak kesulitan mengerjakan soal saat test nanti.

Contoh-contoh soal bisa didapatkan dari internet atau buku-buku. Pelajari soal dari yang termudah terlebih dahulu, baru ke soal-soal yang lebih sulit. Jika menemukan soal yang sulit, cobalah cari pembahasannya di internet.

6. Ikuti try out

Jika kamu merasa sudah cukup menguasai materi, kamu bisa coba melakukan simulasi test dengan ikut try out. Biasanya, menjelang ujian masuk perguruan tinggi, sekolah mengadakan try out untuk para siswa sebagai latihan. Atau bisa juga mengikuti simulasi yang diadakan pihak lain.

Baca juga: Tips Sukses Hadapi Ujian Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer Dan Smartphone (EHB2KS)

7. Kerjakan soal dengan pelan dan teliti

Ujian test masuk Perguruan Tinggi ada batas waktu. Namun, jangan tergesa-gesa dalam menjawab soal-soal. Pastikan mengerjakan soal dengan perlahan dengan menjawab secara tepat dan dipikirkan masak-masak.

Usahakan untuk tidak tegang agar bisa teliti dalam menjawab soal. Jangan sampai salah pilih jawaban yang tepat karena terburu-buru dan panik dikejar waktu, yah!

8. Percaya diri

Tentu saja, kamu harus percaya diri dalam mengerjakan soal agar lolos ujian masuk. Apalagi, kamu sudah melakukan persiapan dengan waktu yang cukup dan juga telah belajar menguasai materi. Percaya pada diri sendiri kalau kamu mampu menjawab soal-soal dan punya peluang yang sama dengan peserta lain untuk lulus.

9. Menjaga kesehatan tubuh

Terdengar klise, mungkin? Padahal, justru hal ini sangat penting dalam menghadapi test masuk Perguruan Tinggi. Selama mempersiapkan diri untuk ujian test masuk, kesehatan perlu dijaga. Tidak mau, kan, saat hari-H, kamu jatuh sakit?

Jangan belajar hingga larut malam atau sampai begadang untuk tetap sehat. Cukup istirahat menjadi kunci, terutama menjelang hari-H.  Kamu juga bisa olahraga seperlunya agar tubuh tetap fit, serta menjaga asupan makanan. Konsumsi vitamin atau suplemen jika dirasa perlu.

Tips dan trik menghadapi ujian masuk Perguruan Tinggi

Itu tadi beberap tips yang bisa kamu coba untuk menghadapi test masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tidak ada salahnya kamu juga mencari informasi untuk test masuk di perguruan tinggi swasta, seperti Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang sebagai rencana cadangan jika gagal lolos ujian masuk PTN dan jalur mandiri.

ITN Malang mendapatkan penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) sebagai perguruan tinggi swasta terbaik ke-1 di Jawa Timur untuk kategori institut. Untuk informasi penerimaan mahasiswa baru, kamu bisa mengunjungi website ITN Malang di https://www.itn.ac.id/.

Selamat belajar dan berjuang masuk ke kampus unggulan!

(ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

1 Comment

  1. Fastidiouѕ response wedding villas in spain return of
    this matter with solid argumentѕ and describing everything regarding that.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *