Bermimpi Jadi Arsitek? Ini 10 Kampus Pilihan Terbaik di Indonesia

Kuliah Arsitektur? Cari kampus terbaik yah!

KAMPUS, malangpost.idHalo, Anda sedang mencari referensi tentang jurusan Arsitektur? Pernah bermimpi jadi seorang arsitek hebat dan profesional? Atau justru anda masih bingung ambil jurusan ini atau tidak ya? Mengingat prospek kerja dan lain-lain masih belum pasti.

Tentunya sebelum mengambil jurusan arsitek ini. Anda diharuskan untuk mencari universitas yang menaungi jurusan ini dan berakreditasi bagus. Kalau bisa A sih. Agar anda tidak kecewa dengan pilihan anda. Karena akreditasi dan kualitas universitas mempengaruhi loh!

Berikut ini beberapa perguruan tinggi dengan jurusan Arsitektur terbaik di Indonesia versi malangpost.id, di antaranya:

1. Universitas Indonesia (UI)

Jangan ditanya, kualitas Universitas Indonesia sudah terkenal unggul. Banyak jurusan yang dicari banyak calon mahasiswa di tiap tahunnya, salah satunya jurusan Arsitektur. Di Indonesia, jurusan Arsitektur di UI menempati peringkat ke satu lho!.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB menempati posisi kedua yang memiliki lulusan Arsitek terbaik di Indonesia. Universitas ini memiliki nilai keseluruhan 10.3-25.0, dengan pengajaran berupa 22.9, penelitian: 16.5, kutipan (citations): 17.3, pendapatan industri: 89.7, dan pandangan internasional: 29.5.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas yang ada di kota Malang ini menempati posisi ketiga dalam jurusan Arsitektur terbaiknya. Ada juga jurusan selain jurusan Arsitek yang bagus di perguruan tinggi ini. Sehingga tidak kaget jika universitas ini juga menjadi rujukan para calon mahasiswa atau calon-calon Arsitek masa depan.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas yang menempati posisi pertama di Indonesia ini ternyata memasuki posisi keempat dalam hal jurusan Arsitektur lho. Jadi tinggal bagaimana anda memilih, mengutamakan kualitas universitasnya atau jurusannya atau justru kedua-duanya? Itu perlu dipikirkan.

5. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Jurusan Arsitektur terbaik di Indonesia posisi kelima ditempati oleh Universitas Padjadjaran. Nilai keseluruhan dari universitas ini adalah 10.3-25.0, dengan pengajaran: 22.5, penelitian: 8.6, kutipan (citations): 14.5, pendapatan industri: 40.5, dann pandangan internasional: 22.0

6. Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang

Yap, bagi anda yang ingin berkuliah di Malang dan ingin di universitas swasta, maka institut teknologi yang satu ini bisa jadi pilihan yang cerdas. Siapa tahu Anda berhasil menjadi asrsitek ternama. Jurusan Arsitektur di institut ini sudah ada sejak tahun 1980 dengan program Sarjana Muda. Jurusannyapun mengacu pada paradigma ilmu pengetahuan. Selain itu juga. Perguruan Tinggi ini juga mengacu pada teknologi rancang bangun berbasis green technology. Waw banget kan?

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut yang ada di Surabaya ini terkenal memiliki jurusan teknik yang baik. Tidak ketinggalan juga dengan jurusan Arsitekturnya. Nilai keseluruhan dari universitas ini adalah 10.3-25.0, pengajaran: 19.7, penelitian: 12.1, dan kutipan (citations): 17.5.

8. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas ini merupakan universitas swasta yang cukup unggul di Yogyakarta. Jadi tidak kalah dengan universitas-universitas negeri yang ada di Indonesia. Selain itu, Universitas ini juga memiliki jurusan Arsitektur dengan kualitas dan fasilitas yang mumpuni dibuktikan dengan akreditasi A dari BAN-PT dan jurusannya sudah ada sejak berdirinya.

9. Universitas Teknologi Yogyakarta

UTY, yang terkanal dengan singkatan universitas ini memiliki jurusan Arsitektur yang bagus, dengan dibuktikan mempunyai akreditasi A dari BAN-PT. Akreditasi tersebut berlaku sampai tahun 2022. Jadi pertimbangkan untuk mengambil jurusan di universitas ini (tidak kalah dengan yang lain).

10. Universitas Pancasila

Selanjutnya ada Universitas Pancasila atau biasa disebut UP di daerah Jawa Barat Depok yang juga mumpuni dan peminat jurusan Arsitektur terbanyak, bisa mencoba memilih universitas ini. Khusus jurusan ini unggul dalam bidang bangunan dan kawasan yang mana fokusnya memenuhi kebutuhan penggunaan di era global ini. Jadi tidak kaget yah pilih jurusannya di UP.

Bagaimana? Apakah sudah ada gambaran setelah membaca artikel ini? Nah, tak lupa pula bagi Anda yang tertarik dengan basic dan fasilitas di ITN Malang, anda bisa mengaksesnya langsung dengan meng-klik https://www.itn.ac.id/ untuk mengetahui info lebih lanjut tentang Institut serta dan jurusan yang ada di ITN.

Pada intinya satu, baiknya atau biasanya universitas tidaklah mutlak mempengaruhi prestasi Anda. Karena yang berpengaruh besar dan berperan besar akan kesuksesan kita adalah diri sendiri. Semoga cocok.

Good Luck!

-Selli

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close