Teknik Sipil, Hal yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya

Teknik Sipil. Cari tahu yuk!

KAMPUS, malangpost.idSebelum masuk jurusan Teknik, anda perlu tahu apa saja yang perlu dipelajari, salah satunya jurusan Teknik Sipil. Teknik Sipil lebih mempelajari proses merancang, membangun, maupun merenovasi, itulah yang biasa anda dengar dan kenal. Tetapi ternyata tidak hanya itu saja.

Teknik sipil juga bisa spesifikasi, dalam artian juga harus memahami unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain. Jadi, anda nantinya bisa memahami bagaimana perencanaan struktur bangunan yang kuat, layak, efisien, efektif, dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya, kali ini akan dibahas tentang apa saja yang dipelajari dalam Teknik Sipil dan bagaimana prospek kerjanya, diantaranya:

Teknik Sipil itu Apa Sih?

Pembelajaran Teknik Sipil sudah dijelaskan di ata secara umum, dan jurusan ini juga mempelajari tentang dasar rancangan arsitektur. Teknik sipil sangat berpengaruh dalam membangun paradigma manusia dan isinya. Memenuhi kebutuhan seiring dengan berkembangnya zaman.

Adanya kemajuan teknologi transportasi, perubahan lingkungan juga diimbangi dengan adanya jurusan ini, mulai dari pembangunan jalan hingga gedung. Semuanya juga menggunakan unsur geografis maupun bumi juga. Agar tidak salah dalam penempatan dan pengeksekusiannya.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil

Bisa dianggap jurusan ini memiliki andil penting dalam perkembangan zaman manusia. Lebih terfokus pada pembangunan-pembangunan kecil maupun besar mulai dari infrastruktur hingga ekonomi. Dalam negara-negara berkembang, seperti Indonesia memberikan peluang banyak bagi jurusan ini.

Alasanya lain, jurusaan ini peluang yang besar dalam bekerja maupun berkarya. Sehingga anda yang akan memilih jurusan ini atau sudah masuk ke zona ini, anda diharapkan bisa memiliki minat besar dalam bidang desain maupun konstruksi.

Prospek Kerjanya Bagaimana?

Bisa dibilang, perekonomian Indonesia masih dalam tahap berkembang, sehingga dalam hal pembangunan masih dijalankan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Jika dikaitkan dengan prospek kerja, maka bisa dijamin banyak tergantung pada anda (jika anda kompeten dan berkualitas).

Jadi, dengan anda bisa diandalkan, maka anda bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, maupun pengembang. Tidak ketinggalan juga, jurusan ini bisa bekerja di instansi pemerintah, misal bekerja di Kementerian PUPR, BPN, dan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi.

Selain itu?

Anda harus memilih universitas atau kampus yang memiliki jurusan Teknik Sipil terbaik. Kalau bisa yang baik lah minimal. Karena berkaitan dengan pengembangan diri anda akan hal karir maupun pengenalan jurusannya. Ada beberapa kriteria yang perlu dipilih sebelum memilih kuliah dimana.

Universitasnya, akreditasi, lingkungan, dan expert nya. Kalau bisa cari yang jurusannya sudah berusia lama karena hal tersebut berkaitan dengan pengalaman dan keprofesionalan kampus atau universitas. Apakah patokan di atas baku?. Tidak, tergantung kebutuhan anda dan bisanya anda.

Salah satu kampus yang bisa anda tuju untuk memilih jurusan ini adalah ITN Malang. Salah satu kampus di Malang yang memiliki jurusan Teknik Sipil terlama di kampusnya (jurusan paling tua dari semua jurusan yang ada di kampus). Loaskinya juga nyaman dan strategis dalam belajar.

Sehingga kampus ini bisa dijadikan rekomendasi untuk anda yang ingin berkuliah di Malang dan inginnya kuliah di kampus swasta. Siapa tahu anda ingin berkuliah disana karena suatu kebutuhan. Kampusnya juga terbilang cukup bagus. Untuk lebih lengkapnya langsung cek ke websitenya, https://www.itn.ac.id.

Itulah ulasan mengenai apa saja yang dipelajari dari jurusan Teknik Sipil dan bagaimana prospek kerjanya ke depan. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close