Buka Masa Orientasi S3 Doktor, Ini Yang Disampaikan Rektor UIN

KUPASEDU, Malangpost.id – Selasa (30/3) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar pembukaan masa orientasi mahasiswa baru program Doktor Hukum Keluarga Islam. Dalam acara yang dilaksanakan pukul 09.00 WIB, turut hadir pula Prof. Dr. Abdul Haris M.Ag selaku rektor UIN Maliki Malang.

Dalam kesempatan ini, alumnus pondok pesantren Tebu Ireng Jombang ini memberikan pengarahan kepada para mahasiswa baru program Doktor HKI. Menurut Haris, pilihan para peserta didik sudah sangat tepat. Salah satu alasannya ialah urgensi dari jurusan HKI ini yang berkorelasi dengan membangun peradaban di Indonesia dan juga peradaban dunia. Haris beralasan, karena banyak mahasiswa UIN Maliki Malang yang tidak hanya berasal dari kalangan WNI namun banyak juga dari kalangan WNA. Sehingga, dampak dari perkuliahan di UIN Maliki Malang turut dirasakan secara global.

“Terutama urgensi dari doktor jurusan hukum keluarga islam dalam rangka membangun Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.” Ujar Haris pada Selasa (30/3)

Program doktor S3 HKI di fakultas Syariah ini merupakan program baru, otomatis para peserta didik semester ini menjadi angkatan pertama program doktor HKI UIN Maliki Malang. Dalam angkatan pertama ini, total UIN Maliki Malang melayani 16 peserta yang akan dijadikan satu kelas perkuliahan.

Meskipun begitu, Haris menyampaikan jika UIN Maliki Malang dalam satu tahun membuka 2x kesempatan pendaftaran. Sehingga semester depan akan kembali dibuka pendaftaran S3 HKI di Fakultas Syariah.

Mengapa terakhir saya sebut dunia pada umumnya, karena informasi yang sampai kepada saya. Masih banyak temen-temen yang kemudian ingin kuliah di kedoktoran ini dari berbagai negara. 

“Mungkin kali ini belum masuk untuk angkatan pertama ini. tetapi semester depan, saya kira temen-temen dari Saudi, temen-temen dari Singapura, temen-temen dari Malaysia, bahkan sebagian dari China dan Russia akan mengikuti perkuliahan ini karena mereka merasa bahwa program studi ini sangat penting.” Lanjut mantan Guru Besar Filsafat Pendidikan Islam UIN Sunan Ampel Surabaya ini

Tidak berhenti sampai disitu, Haris turut menyampaikan jika UIN Maliki akan terus mengembangkan program S2 dan S3. Menurut Haris, UIN Maliki Malang telah dikenal tak hanya di Indonesia namun juga di kancah internasional. Sehingga sering menjadi jujukan bagi banyak mahasiswa dari berbagai negara lain

“Saya akan menyampaikan bahwa program S2 dan S3 di UIN Maulana Malik Ibrahim akan kita kembangkan terus menerus. Mengapa demikian, karena memang UIN Maulana Malik Ibrahim ini sudah dikenal bukan hanya di Indonesia tapi seantero dunia.” Ucap Haris.

Lebih lanjut Haris menjelaskan jika posisi UIN Maliki Malang saat ini memang telah menjadi tempat yang diandalkan bagi mereka yang telah lulus S1. Bahkan tidak terbatas pada alumnus PTKIN, namun juga dari berbagai perguruan tinggi lainnya

“Kita menjadi tempat studi lanjut bagi mereka yang sudah lulus di S1 dan berbagai perguruan tinggi.” Tukas Haris.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Bryan

About the Author: Bryan Satriya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close