Program Beasiswa Perguruan Tinggi, Tertarik? Simak Selengkapnya di Sini!

Ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi? Bagaimana kalau mengajukan beasiswa?

KAMPUS, malangpost.id – Sekolah menjadi salah satu hal yang penting, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Namun, bagi sebagian orang melanjutkan studi hingga ke jenjang perguruan tinggi merupakan hal yang sulit. Hal ini dikarenakan mahalnya biaya pendidikan.

Padahal, ada banyak beasiswa S1 yang ditawarkan untuk para lulusan SMA dan mahasiswa.  Beasiswa yang diberikan umumnya dapat membiayai sebagian bahkan seluruh biaya perkuliahan. Bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, bisa mencari informasi untuk mendapatkan beasiswa, baik dari pemerintah, Perguruan Tinggi yang bersangkutan ataupun dari lembaga swasta lainnya.

Apa itu beasiswa?

Beasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia adalah bantuan finansial yang diberikan kepada para calon mahasiswa ataupun yang telah menjadi mahasiswa untuk dipergunakan selama menjalani pendidikan. Pemberian beasiswa merupakan upaya pemerataan pendidikan agar para lulusan SMA memiliki kesempatan mengenyam pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Adapun program beasiswa yang ada bisa diberikan oleh pemerintah, yayasan, ataupun perusahaan dan industri swasta.

Program beasiswa perguruan tinggi

Bagi siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, ada banyak pilihan beasiswa yang bisa dicoba. Berikut beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan.

1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

KIP Kuliah adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah untuk mahasiswa berprestasi. Dulunya, program beasiswa ini bernama Bidik Misi. Program ini memberikan bantuan biaya pendidikan tinggi (D3, D4, dan S1) bagi para lulusan SMA/SMK atau sederajat yang berpotensi akademis baik namun memiliki keterbatasan dari segi ekonomi.

Dilansir dari laman resmi KIP Kuliah Kemendikbud https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, pendaftaran untuk beasiswa KIP Kuliah untuk tahun 2021 telah dibuka sejak Minggu, 14 Maret 2021 lalu. Untuk calon mahasiswa yang belum memiliki akun, pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah dibuka sejak 8 Februari hingga 31 Oktober 2021.

Baca juga: Agar Nilai Tak Jeblok, Ini Tips Sukses Atur Waktu Antara Kuliah Dan Bekerja Part Time

2. Beasiswa Unggulan (BU) Kemendikbud

Pemerintah Indonesia memberikan bantuan biaya pendidikan bagi putra putri bangsa yang berprestasi. Beasiswa diberikan untuk para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang studi S1 di perguruan tinggi negeri di Indonesia dan luar negeri. Tidak itu saja, beasiswa juga diberikan untuk jenjang studi S2 dan S3.

Untuk mendapatkan info tentang BU Kemendikbud bisa dicek melalui laman https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

3. Beasiswa Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN

Sejumlah Badan Usaha Milik Negara juga memberikan beasiswa bagi para siswa yang ingin meneruskan studi ke perguruan tinggi di bawah naungan APERTI BUMN. Beberapa perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Pertamina, Telkom University, Institut Teknologi, PLN, dan masih banyak lagi. Untuk daftar perguruan tinggi lainnya dan info mengenai beasiswa bisa di cek di https://apertibumn.org/

4. Beasiswa Bank Indonesia

Ini dia salah satu beasiswa yang banyak diincar oleh banyak calon mahasiswa, beasiswa Bank Indonesia. Beasiswa ini diberikan oleh Bank Indonesia bagi mahasiswa jenjang S1 di berbagai PTN dan PTS di Indonesia. Bantuan biaya kuliah diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan aktivitas sosial kemasyarakatan. Selain itu, penerima beasiswa juga berkesempatan mengikuti pelatihan dan magang di kantor Perwalian Bank Indonesia.

5. Beasiswa dari berbagai yayasan

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang Beasiswa Astra atau Beasiswa Djarum Foundation? Ada banyak yayasan di Indonesia yang memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang kurang mampu atau berprestasi. Tidak sedikit pula yayasan yang memberikan beasiswa dengan jumlah cukup banyak hingga uang saku. Beberapa yayasan yang cukup terkenal diantaranya, Beasiswa Djarum Foundation, Beasiswa Astra, dan Beasiswa Yayasan Supersemar.

Perguruan tinggi yang menawarkan beasiswa

Hampir semua PTN dan juga beberapa PTS memberikan beasiswa untuk calon mahasiswa dan mahasiswa yang terdaftar. Berikut beberapa perguruan tinggi yang menawarkan program beasiswa.

Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB) menawarkan program beasiswa, baik dari pemerintah maupun yayasan/pihak swasta. Beberapa beasiswa ditawarkan oleh Universitas Brawijaya, baik untuk calon mahasiswa ataupun mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di UB.

Beasiswa yang diberikan diantaranya Beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Yayasan Karya Salemba empat (KSE), Beasiswa PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan Beasiswa Brilian Scholarship Program dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan tata cara pendaftaran, bisa kunjungi laman http://beasiswa.ub.ac.id

Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang)

Bagi yang ingin memilih program studi teknik, bisa mendaftar ke Institut Teknologi Nasional Malang. Perguruan tinggi ini telah berdiri sejak 1969 dan masuk ke jajaran kampus swasta terbaik. ITN Malang juga terdaftar di dalam KIP Kuliah Kemendikbud. Untuk informasi pendaftaran, program studi dan lainnya, bisa cek langsung ke laman ITN Malang di https://www.itn.ac.id/. Untuk mengecek program studi penerima KIP Kuliah, bisa cek di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Universitas Negeri Malang (UM)

Dalam laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, Universitas Negeri Malang masuk dalam daftar perguruan tinggi/program studi penerima KIP Kuliah. Adapun beasiswa yang diberikan untuk jenjang D3 dan S1. Selain KIP Kuliah, UM juga menawarkan beasiswa yang bekerja sama dengan pihak lain. Beasiswa Brilian Scholarship Program dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dan Beasiswa Bank Indonesia termasuk diantaranya. Info lebih lanjut mengenai beasiswa di UM bisa dicek di laman http://kemahasiswaan.um.ac.id/category/beasiswa/.

Nah, itu tadi beberapa program beasiswa perguruan tinggi yang bisa dicoba untuk mendapatkan bantuan biaya kuliah. Jadi, jangan patah semangat untuk bisa melanjutkan studi ke tingkat perguruan tinggi ya!

Oh iya, selain itu jangan lupa untuk terus update informasi tentang pendaftaran dan seleksi beasiswa dengan terus mengecek laman resminya secara berkala. Selamat mencoba! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close