Dampak Covid-19, 8 Mahasiswa Asing Polinema Terima Bantuan

KAMPUS, Malangpost.id – Bank Tabungan Negara (BTN) Malang memberikan bantuan untuk mahasiswa asing Politeknik Negeri Malang (Polinema) terdampak covid-19. Lewat BTN and Polinema Supporting International Student, sebanyak 24 mahasiswa Kelas Internasional, mendapat uang tabungan Rp 1 juta setiap mahasiswa.


Direktur Polinema Drs Awan Setiawan, MMT, MM mengapresiasi bantuan yang diberikan BTN. Sekaligus semakin mempererat kerjasama yang telah terjalin selama 15 tahun. Menurutnya, pandemi covid-19 tidak hanya berdampak secara nasional, namun juga secara internasional. “Salah satu dampak terbesar covid-19 adalah pembelajaran luring. Pembelajaran daring yang tidak semuanya bisa dijalankan mahasiswa aasing, sehingga memaksa 5 mahasiswa asing DO, karena perbedaan waktu di Afrika dan koneksi,” ungkap Drs Awan Setiawan, di Hotel Atria, Senin, 5 April 2021.

Seperti diketahui, mahasiswa baru yang berasal dari kawasan Afrika yang tidak bisa terbang ke Indonesia karena kebijakan di negaranya, mengharuskan mengikuti perkuliahan secara daring.
“Tentu bukan hal yang mudah, mengingat keterbatasan bahasa, waktu kuliah dan koneksi internet,” ujarnya.
Dicontohkan, perkuliahan yang dimulai pukuk 07.00 WIB, maka mereka harus siap kuliah sekitar pukul 03.00 WIB, karena selisih 4 jam lebih dulu.


“Belum lagi koneksi internet. Kondisi ini menyebabkan 5 maba asing drop out (DO),” jelas Awan, sapaan akrabnya.
Tantangan saat ini tambahnya, sekitar 12 mahasiswa asing membutuhkan tempat PKL. Untuk itu, Polinema memohon kepada para mitra kerja dan para undangan yang notabene para pejabat dan pengusaha, agar dapat memfasilitasinya.
Menanggapi hal ini, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyambut baik upaya positif tersebut. Sebagai Kota Pariwisata, pihaknya menyanggupi Kota Batu sebagai tempat PKL untuk para mahasiswa asing.


“Sebagai perguruan tinggi vokasi, tentunya lulusannya mahir di bidang IT, kemungkinan besar bisa langsung incharge,” sambut Bude, sapaannya. Sementara itu, Branch Manager BTN Malang, Surasta menjelaskan, selain sebagai wujud kemitraan, bantuan tersebut juga sebagai bentuk eksistensi BTN kepada dunia internasional. Yakni melalui mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Polinema.


Para mahasiswa ini merupakan perwakilan dari 8 prodi Kelas internasional, di antaranya D4 Informatics Engineering, D4 Electrical Engineering, D4 Digital Telecommunication Network, D4 Construction Engineering Management, D4 Management Accounting, D4 Marketing Management, D4 Mechanical Production and Maintenance Engineering, dan D4 English for Business and Professional Communication.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

rifamahmudah

About the Author: rifamahmudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close