Bagaimana Mengajarkan Sholat Tarawih Pada Anak?

DIKSAR, malangpost.id – Memasuki bulan Ramadhan, menjadi momen yang tepat untuk Anda yang ingin mengajarkan ilmu agama dengan mengenalkan ibadah puasa kepada si kecil. Selain puasa, Anda juga bisa mengajarkan sholat tarawih pada anak.

Dengan mengajak anak tarawih bersama sejak dini, nantinya anak akan mengerti dan terbiasa. Tentunya diperlukan kesabaran agar ibadah tarawih bersama anak bisa berjalan lancar. Nah, ini dia beberapa tips mengajarkan anak sholat tarawih yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: Melatih Anak Berpuasa? Begini Caranya!

Mengenalkan tentang sholat tarawih

Sebelum mengajaknya ikut tarawih, ceritakan pada si kecil kalau sholat tarawih adalah salah satu kegiatan ibadah yang ditunggu saat Ramadhan tiba. Atau, Anda juga bisa bercerita tentang bagaimana saat kecil dulu Anda senang sholat tarawih di masjid karena bisa bertemu dengan teman-teman.

Dengan membuatnya memahami keistimewaan ibadah yang satu ini, si kecil akan merasa tertarik. Selanjutnya, cobalah jelaskan pada anak tentang sholat tarawih. Mulai dari kenapa harus sholat tarawih, apa bedanya dengan sholat wajib atau sholat sunah lainnya, berapa jumlah rakaat, serta bagaimana sholat tarawih dikerjakan.

Ajari membaca niat & tata cara sholat tarawih

Tips berikutnya dalam mengajarkan sholat tarawih pada anak adalah dengan mengajarkan niat sholat beserta penjelasan kalau ia perlu membacanya setiap akan mulai shalat. Jika si kecil belum bisa membaca, Anda bisa membaca niat sholat tarawih kata demi kata secara perlahan agar anak bisa mengikuti. Selain membaca niat, ajarkan si kecil tentang urutan tata cara sholat tarawih.

Jelaskan tata tertib shalat pada anak

Agar lebih khusyu dalam melaksanakan ibadah sholat tarawih, Anda perlu mengajarkan anak untuk lebih tertib dan tenang. Beritahukan padanya tata tertib sholat berjamah, seperti anak yang posisinya sebagai makmun tidak dibenarkan mendahulukan imam. Selain mengajarkan tata tertib saat beribadah, hal ini juga bisa melatih kedisiplinan si kecil.

Siapkan perlengkapan

Untuk memancing semangat si kecil, Anda bisa memberikan perlengkapan sholat mereka sendiri dan menyiapkannya sejak sore. Hingga saat waktu shalat tiba, ia akan merasa siap dan bersemangat. Selain perlengkapan sholat, Anda juga bisa menyiapkan perlengkapan lainnya yang dirasa perlu jika sholat berjamaah di masjid. Misalnya, botol minum atau mainan kesayangan anak. Oh iya, bawalah mainan yang tidak membuat gaduh atau mengganggu kekhusukyan sholat.

Berikan contoh dan jangan paksa anak

Salah satu cara mengajarkan sholat tarawih pada anak adalah dengan memberi contoh. Anak-anak cenderung memperhatikan dan mencontoh kedua orang tuanya dibandingkan mendengarkan. Jika Anda pergi ke masjid atau musala setelah azan berkumandang, mereka akan mengawasi dan ingin menjadi seperti Anda.

Namun, jika si kecil belum siap atau tidak mau sholat, jangan memaksa anak. Anda bisa membujuk atau mengingatkannya dengan lemah lembut tentang keistimewaan ibadah sholat tarawih. Jika si kecil masih menolak, biarkan saja dulu. Mungkin, dengan melihat Anda, ia justru tergerak untuk mengikuti.

Nah, itu tadi beberapa tips mengajarkan shalat tarawih pada anak. Berilah pujian jika si kecil bisa melalui tarawih pertamanya. Semoga bermanfaat! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *