HPAI Kukuhkan Pengurus Gen-Hijau Malang Raya

DIKSAR, Malangpost.id – Malang Raya sepertinya telah memasuki babak baru dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan. Hal ini terlihat dari lahirnya komunitas bernama Gen-Hijau Malang Raya.

Pada Kamis (20/5) ini, bertempat di SDN Tanjungrejo 2 Malang Gen-Hijau baru saja dikukuhkan oleh HPAI (Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia) Malang.

Dalam pengukuhan tersebut dihadiri oleh Pembina HPAI Malang Raya, Ketua beserta pengurus HPAI Malang Raya, dan juga 20 peserta pengurus Gen-Hijau yang baru saja dikukuhkan.

Gen-Hijau Malang Raya sendiri merupakan kelompok Generasi Peduli dan Berbudaya Lingkungan yang pembentukannya digagas oleh HPAI.

“Gen-Hijau Malang Raya ini memang kukuhkan secara resmi. Sebagai bentuk dukungan kepada anak-anak untuk menyelamatkan bumi, karena generasi milenial memiliki peran penting untuk menyelamatkan bumi,” ungkap Farid Syafi’i

iklan-dinas-kominfo

Koordinator Bidang Aksi Lingkungan dan Pengembangan Komunikasi HPAI Malang Raya tersebut menambahkan, kegiatan Gen-Hijau nantinya akan berkecimpung secara nyata dalam kegiatan-kegiatan aksi lingkungan.

Pembina HPAI Malang Raya, beserta pengurus dan anggota Gen-Hijau Malang Raya. (Sumber : Wahyu Setiawan-Malangpost.id)

Oleh karenanya, sebelum melaksanakan kegiatan aksi lingkungan pihaknya bakal memberikan edukasi kompetensi kepada para pengurus Gen-Hijau yang baru saja dikukuhkan tersebut.

“Seperti pemberian pemahaman terkait aksi-aksi yang harus dilakukan, sehingga harapannya mereka bisa terus berinovasi dan berkarya secara kreatif untuk terus menyelamatkan bumi,” kata Farid

Pada masa pandemi, untuk program awal pemberian edukasi akan dilaksanakan secara daring.

Kontribusi Untuk Menyelamatkan Bumi

Pihaknya mengaku, saat ini secara konsisten berkoordinasi dengan pengurus HPAI Pusat agar dapat memberikan kontribusi memberikan pelayanan dan berupaya untuk terus menyelamatkan bumi Indonesia, khususnya di wilayah Malang Raya.

Pengurus Gen-Hijau Berasal dari Berbagai Macam Sekolah dan Tingkatan

Pengurus Gen-Hijau berasal dari berbagai macam sekolah dan tingkatan. Baik dari SMP (Sekolah Menengah Pertama), seperti dari SMPN 18 Malang dan SMPN 11 Malang. Begitu pula dari tingkat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) antara lain SMKN 6 Malang dan juga SMKN 11 Malang.

“Kemudian juga ada beberapa perwakilan sekolah yang ikut andil untuk terus berkomitmen dan andil menyelamatkan bumi,” tambahnya

Ia melanjutkan, proses seleksi anggota dilakukan dengan dua cara, yakni melalui pengisian formulir online dan juga melalui rekomendasi dari pengurus HPAI Malang Raya.

Proses pengukuhan pengurus Gen-Hijau Malang Raya. (Sumber : Wahyu Setiawan-Malangpost.id)

Dengan selesainya pengukuhan Gen-Hijau, pihaknya berharap ada aksi nyata untuk menyelamatkan bumi secara berkelanjutan dari pengurus. Mengingat Gen-Hijau adalah sebuah gerakan peduli dan berbudaya lingkungan.

Sementara itu, Ketua HPAI Malang Raya Sulaiman Sulang mengungkapkan, sudah ada kegiatan yang dirilis oleh HPAI Malang Raya. Kegiatan yang dimaksud yakni lomba video bertema “Semangat Kurangi Plastik”.

Dalam lomba video tersebut, Gen-Hijau dilibatkan untuk menyusun rencana kegiatan. Sedangkan HPAI memberi dukungan dari segi pemberian hadiah untuk lima pemenang.

Sulaiman lantas menuturkan untuk Gen-Hijau Malang Raya, akan berfokus pada kegiatan pengurangan sampah dan juga mengembalikan Malang yang “Ijo Royo-royo”.

“Kita ada target tanggal 18 Juni ada Festival Lingkungan. Anak-anak Gen-Hijau dari seluruh Indonesia bisa berkolaborasi langsung untuk menceritakan portofolio kegiatan masing-masing wilayah,” pungkas Sulaiman kepada Malangpost.id.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *