Ini Yang Harus Dikuasai Jika Ingin Menjadi Programmer Profesional

KAMPUS, malangpost.id – Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi di era digital saat ini, terbuka banyak peluang usaha termasuk startup. Selain itu, ada banyak usaha dari berbagai macam bidang yang membutuhkan programmer profesional untuk mendukung kinerja suatu perusahaan.

Karenanya, beberapa tahun terakhir ini programmer menjadi profesi dengan prospek masa depan yang cerah dan diminati banyak kalangan muda. Seorang programmer harus paham dan bisa membuat kode atau bahasa program seperti Java dan Javascript.

Lalu, apa saja ketrampilan yang harus dikuasai jika ingin menjadi programmer profesional? Berikut informasinya

1. Algoritma

Profesi programmer tak jauh dari membuat aplikasi yang menggunakan metode yang sesuai dalam proses sebuah sistem. Menguasai algoritma adalah kunci utama bagi programmer. Dengan ini, programmer bisa memecahkan masalah. Karenanya, seorang programmer dituntut untuk mengetahui fungsi, perulangan, hingga tipe data.

2. Membaca kode

Untuk menjadi programmer profesional, kamu juga harus memiliki keterampilan membaca kode. Hal ini berguna untuk memahami dan menemukan pola dari beberapa proyek open source seperti di GitHub atau Sourceforge. Dengan skill ini kamu bisa mendapatkan ide yang bisa diterapkan dalam proyek yang sedang dikerjakan.

iklan-dinas-kominfo

Kemampuan membaca kode penting karena seringkali ada source code dari anggota tim lain. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membaca kode orang lain. Diantaranya membaca kode dari bawah ke atas, membaca keterangan pada komentar, atau membaca bagian yang bisa dipahami terlebih dahulu.

3. Memiliki lebih dari satu bahasa program

Seorang programmer tentunya wajib menguasai bahasa pemrograman setidaknya satu bahasa. Dengan peluang dan kebutuhan yang besar, menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman menjadi nilai plus bagi seorang programmer. Namun, jika hanya tertarik atau memiliki satu bahasa program, tingkatkan keahlian sehingga menjadi spesialis.

4. Memahami dan menguasai jaringan komputer

Menguasai dasar-dasar jaringan komputer menjadi salah satu skill yang harus dimiliki seorang programmer profesional. Beberapa jaringan computer tersebut diantaranya seperti konfigurasi IP address dan client servers.

Protokol internet seperti HTTPS, SMTP, dan TELNET juga setidaknya perlu diketahui agar programmer bisa masuk ke dunia cloud computing dan dunia internet. Sehingga programmer paham seluk beluk cara menghubungkan aplikasi ke jaringan, baik lokal maupun internet.

5. Menguasai Object Oriented Programming (OOP)

Mungkin kamu berpikir untuk apa menguasai OOP. Memang, tidak semua bahasa pemrograman memerlukan OOP. Namun, jika seorang programmer menguasai OOP, membuat kode program menjadi lebih mudah dibaca dan terstruktur. Misalnya, seorang programmer yang menguasai web framework bisa menulis suatu library sendiri. Hal ini memerlukan pengetahuan tentang design pattern dan OOP.

6. Bahasa Inggris

Bisa dibilang, bahasa Inggris dibutuhkan oleh siapa saja, termasuk programmer. Sebabnya, kebanyakan bahasa program dirancang menggunakan bahasa ini, seperti perulangan if, then, else, dan sebagainya. Selain itu, ada banyak yang menyediakan pembelajaran coding menggunakan bahasa Inggris.

Dengan menguasai bahasa Inggris meski pasif sekalipun, bisa membantu programmer dalam membaca dokumentasi, mencari referensi, belajar dari web luar, memahami pesan error, atau bertanya di forum global.

Menjadi programmer profesional

Nah, itu tadi beberapa keterampilan atau skill yang harus dimiliki jika kamu ingin menjadi programmer profesional. Sebagai langkah awal menjadi seorang programmer, kamu bisa meneruskan sekolah dengan kuliah jurusan Teknik Informatika di ITN Malang.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *