Kamu Lulusan IPS? Jangan Bingung! Pilih Jurusan Ini Di Perguruan Tinggi

Bingung menentukan jurusan kuliah untuk siswa SMA lulusan IPS?

KAMPUS, malangpost.id – Bagi siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, ada baiknya mulai mempersiapkan pilihan jurusan yang diinginkan sejak awal. Apakah kamu masih bingung jurusan apa saja di perguruan tinggi untuk anak IPS?

Tenang saja, pilihan jurusan IPS di universitas yang bisa kamu pilih amatlah banyak. Apa saja yah kira-kira program studi yang cocok?

Berikut daftar pilihan jurusan IPS untuk sebagai referensi menentukan pilihanmu.

1. Komunikasi

Bagi yang tertarik berkarir di bidang politik, industri iklan, atau media bisa memilih jurusan Ilmu Komunikasi. Mahasiswa akan belajar fotografi, desain animasi, dan public speaking. Peluang karir pun terbuka lebar, mulai dari MC, desainer grafis, copywriter, dan sebagainya.

2. Sastra

Jurusan yang bisa dipilih lulusan SMA IPS berikutnya adalah Sastra. Tidak hanya bahasa Inggris, beberapa universitas di Indonesia juga memiliki pilihan beragam. Mulai dari Sastra Jawa, Sastra Rusia, Sastra Perancis, Sastra Jerman, bahkan Sastra Arab.

3. Kriminologi

Kalau ini jurusan yang terbilang langka di Indonesia. Bagi mereka yang punya minat dan tertarik dengan perkembangan sosial masyarakat dan tindak kriminal, jurusan kriminologi bisa jadi pilihan. Sayangnya, di Indonesia hanya ada sedikit perguruan tinggi yang membuka jurusan ini, diantaranya Universitas Indonesia.

4. Hukum

Ini dia salah satu pilihan bagi kamu anak IPS, Fakultas Hukum. Kamu bisa memilih konsentrasi jurusan hukum sesuai dengan minat, seperti hukum internasional, perdata, perdagangan, dan masih banyak lainnya.

5. Akuntansi

Akuntansi adalah salah satu jurusan yang sangat diminati bagi calon mahasiswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ada banyak hal yang akan dipelajari, mulai dari hukum akuntansi, akuntansi keuangan, dan prinsip akuntansi. Jurusan ini cocok bagi kamu yang senang dengan matematika atau ekonomi.

Baca juga: Kamu Suka Matematika? Ini Kaitannya Dengan Jurusan Teknik Informatika

5. Manajemen

Selain akuntansi, manajemen juga jadi jurusan favorit para calon mahasiswa. Sebagai mahasiswa manajemen, kamu akan belajar tentang keuangan, entrepreneur, sumber daya manusia, dan lainnya. Tak ketinggalan, pengenalan akuntansi dan manajerial keuangan.

6. Psikologi

Belakangan, masyarakat semakin sadar tentang kesehatan mental. Disinilah peran jurusan psikologi yang akan mengajarkan mahasiswa hal-hal seperti pikiran, mental, dan konseling klinis. Ada dua kelompok jurusan, yaitu Psikologi Saintek (IPA) dan Psikologi Soshum (IPS). Jurusan ini cocok bagi yang tertarik menjadi psikologi, psikiater, atau berkarir di bidang HRD dan NRD,

7. Hubungan Internasional

Punya cita-cita menjadi diplomat dan keliling dunia? Hubungan Internasional bisa jadi pilihan buat siswa SMA lulusan IPS. Mahasiswa jurusan ini dituntut untuk mahir bahasa asing, setidaknya bahasa Inggris. Hal ini karena akan banyak belajar tentang hubungan lintas negara dan isu-isu internasional. Mahasiswa HI akan dilatih untuk mampu bernegosiasi dan berpikir kritis.

Jurusan di perguruan tinggi

Itu tadi beberapa jurusan di perguruan tinggi yang cocok untuk pelajar SMA lulusan IPS. Masih ada jurusan lain yang bisa dipilih, seperti Administrasi, Jurnalistik, dan Sosiologi.

Sama halnya dengan jurusan IPS, pelajar IPA juga punya banyak pilihan jurusan saintek, seperti teknik. Ada banyak pilihan, mulai dari Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Informatika, hingga Teknik Geodesi. Buat kamu anak IPA bisa mendaftar ke ITN Malang yang memiliki Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan. Mau tahu informasi lebih lanjut? Langsung saja kunjungi laman https://www.itn.ac.id/. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close