Penanaman Bibit Philodendron oleh Mahasiswa PMM UMM Desa Sekarpuro

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Konten_Netwriter_-2.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Konten_Ajakan_Netwriter-3.jpg

KAMPUS, Malangpost.id – Sekelompok Mahasiswa PMM UMM melakukan penanaman bibit Philodendron di Desa Sekarpuro. Kepala desa se-tempat memberikan kepercayaan untuk melakukan penanaman di Situs Sekran dengan luas tanah sebesar 500 meter persegi.

Sekarpuro adalah salah satu dari 15 desa yang berada didalam wilayah kecamatan Pakis, kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur. Desa Sekarpuro yang secara struktural merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dari sistem perwilayahan Kecamatan Pakis.

Secara geografis terletak pada wilayah barat jalur alternatif transportasi barat, dengan memiliki potensi yang cukup strategis seluas 200,02 Ha yang terbagi menjadi lima lahan. Pembagian tersebut terdiri atas lahan sawah, ladang, lahan pemukiman, tanah kas desa, dan fasilitas umum, dimana mata pencaharian masyarakatnya didominasi oleh sektor pertanian. Luasnya mencapai 72 Ha.

Baca juga : Prihatin Kasus Korupsi, Tinuk Dwi Cahyani Dosen UMM Bentuk Buku “Pidana Mati Korupsi”

Saat ini tanaman Philodendron menjadi salah satu tanaman hias yang sedang digandrungi banyak orang. Hal ini dikarenakan jenisnya yang beraneka ragam dan bentuknya yang indah. Terdapat dua belas jenis tanaman Philodendron yang sangat populer, salah satunya ialah Philodendron Selloum. Tanaman hias Philodendron memiliki ciri daun yang lebar dan beruas-ruas sehingga tanaman ini dijuluki sebagai pilo jari. Rencananya tanaman ini akan dijadikan produk wirausaha hasil perkebunan Desa Sekarpuro oleh Mahasiswa Tim 59 PMM UMM.

Tanaman Philodendron banyak dicari para penjual bunga dan wedding organizer sebagai tanaman hias dan dekorasi sebuah acara. Khususnya di Desa Sekarpuro, tanaman ini sering digunakan sebagai hiasan dekorasi acara-acara besar salah satunya acara pernikahan.

Adapun tujuan penanaman bibit ini nantinya akan dipanen setiap bulannya kemudian akan dipasarkan kembali. Melalui program penanaman bibit Philodendron diharapkan dapat mengembangkan perekonomian, terkhusus di Desa Sekarpuro. Penanaman ini pun sejalan dengan tema tim 59 PMM UMM yakni “Meningkatkan Pendidikan dan Pengembangan Kewirausahaan Warga Desa Sekarpuro Pakis di Era New Normal”.

Ditulis oleh Armila Handini, Mahasiswi Hubungan Internasional UMM

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

deni indra

About the Author: denindra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *