Bisa Terserap diberbagai Bidang Pekerjaan, Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

KAMPUS, Malangpost.id – Sebagai perguruan tinggi, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang membuka berbagai macam program studi (prodi). Salah satunya adalah Teknik Informatika.

Sebagai prodi atau jurusan yang mempelajari cara menggunakan teknologi komputer atau jaringan secara optimal, lulusan Teknik Informatika ITN Malang dapat memasuki berbagai macam bidang pekerjaan.

Ketua Prodi Teknik Informatika ITN Malang, Suryo Adi Wibowo mengungkapkan lulusan Teknik Informatika ITN dapat terserap di berbagai jenis pekerjaan.

Terutama di bidang software rekayasa perangkat lunak, jaringan telekomunikasi, game, multimedia, mobile programming dan juga robotika.

“Tapi tidak menutup kemungkinan lulusan teknik informatika juga bisa memasuki bidang-bidang lain, karena ilmu ini sifatnya luas dan luwes,” tutur Adi

Baca juga : Teknik Informatika, Jurusan Paling Diminati Saat Ini, Kenapa Ya?

Diketahui ada sebagian lulusan teknik informatika yang sudah bekerja pada bidang multimedia, sehingga mampu menciptakan technopreneurship. Seperti usaha pada bidang desain baju dan bordir.

Menurut Adi, pada bidang technopreneurship juga ada banyak lulusan teknik informatika yang mengembangkan atau membentuk software house di berbagai daerah.

Yakni perusahaan yang bergerak dalam bidang software development yang produk utamanya adalah penyediaan software atau aplikasi.

“Bahkan ada salah satu perusahaan terkemuka di Malang yang sekarang manajernya sudah di jabat oleh alumni kita,” paparnya

Pada bidang game alumni Teknik Informatika, juga ada yang masuk di perusahaan game yang sudah terkenal di kalangan para pencinta game.

Selain itu juga ada banyak dari beberapa lulusan Teknik Informatika ITN Malang yang bekerja di Perbankan. Sehingga jenis pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan Teknik Informatika ITN Malang cukup luas.

Prospek Kerja Bagi Mahasiswa Yang Tidak Suka Coding

Ilustrasi Mahasiswa ITN Malang belajar pemograman. (Sumber : Ist)

Lebih lanjut dirinya mengaku bahwa Prodi Teknik Informatika selalu berhubungan dengan pemrograman alias coding.


Mengingat hal dasar yang perlu dikuasai oleh mahasiswa informatika adalah mengenai teknik coding tersebut.

Oleh karenanya, menurut Adi setiap mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan pemrograman agar mengerti dan menguasai dasar-dasar teknik Itu.

“Jika mahasiswa tidak bisa pemrograman, dari awal akan kita mengajari mereka tahap demi tahap,” kata Adi

“Tapi sekarang kita sudah mengikuti perkembangan zaman, sehingga teknik pemrograman ini tidak perlu menjadi hal yang ditakuti. Sekarang teknik pemrograman lebih mudah, karena tidak harus melakukan pemrograman dari awal,” sambungnya

Walaupun demikian, Adi mengungkapkan tidak bisa dipungkiri ada beberapa mahasiswa yang kurang suka melakukan atau mengaplikasikan teknik coding atau pemrograman dalam dunia kerja.

Pilihan Untuk Mahasiswa Tidak Suka Coding

Bagi mahasiswa yang tidak suka pemrograman atau coding, Adi menyebutkan ada beberapa opsi pekerjaan yang cocok menjadi pilihan, yakni sebagai berikut :

1. Bidang Multimedia

Mahasiswa Teknik Informatika bisa bekerja pada bidang multimedia. Pekerjaan dibidang ini ada beberapa jenis seperti desain grafis, technopreneurship hingga video editing.

“Mahasiswa kami sudah ada yang membuka production house (Rumah Produksi), jadi mereka memproduksi iklan layanan,” ungkapnya

Pada bidang ini mahasiswa juga bisa menjadi seorang social media spesialist, yakni pekerjaan yang bertugas memproduksi berbagai konten digital yang menarik.Bidang Pendidikan

2. Bidang Pendidikan

Lulusan teknik informatika juga dapat fokus pada bidang pendidikan, yakni menjadi dosen diberbagai universitas.

Menurut Adi, banyak lulusan sudah banyak menjadi dosen utama di berbagai kampus di Indonesia. Terutama universitas-universitas lingkungan tempat tinggal lulusan.

“Contohnya ada di Lombok, Mataram, Kalimantan, Kendari hingga Maluku. Bahkan ada juga yang menjadi dosen utama di Timor Leste,” tambahnyaPenulis (Technical Writer)

3. Penulis (Technical Writer)

Pada bidang ini cocok bagi mahasiswa teknik Informatika yang suka dengan dunia kepenulisan.

Bermodalkan pengetahuan yang sudah dimiliki saat perkuliahan, lulusan bisa menulis berbagai macam topik terkait dengan software komputer dan teknologi digital.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *