Belajar Medan Listrik: Konsep, Sifat, Rumus, dan Contoh

KAMPUS, malangpost.id –  Mungkin kamu pernah memegang gagang pintu dan merasa seperti ada aliran listrik. Tidak salah, karena gagang pintu memang ada muatan listriknya. Sensasi seperti kesetrum ini karena ada hubungannya dengan medan listrik yang disebabkan lompatan elektron.

Lalu, sebenarnya apakah medan listrik itu? Untuk tahu lebih lanjut tentang medan listrik, konsep, dan contohnya, simak terus informasinya di sini.

Apa itu medan listrik?

Medan listrik adalah daerah/ruang/area yang ditimbulkan di sekitar muatan listrik, baik itu muatan positif (proton) maupun muatan negatif (elektron) yang dipengaruhi oleh gaya listrik.

Jadi, ketika merasa ada sensasi kesetrum saat menyentuh suatu benda yang memiliki mautan elektron, akan terjadi lompatan elektron dari benda tersebut ke jari atau tangan. Hal ini karena terjadi interaksi di daerah yang berdekatan dengan sumber muatan.

Sifat medan listrik

Medan listrik digambarkan berupa garis-garis yang disebut garis-garis gaya listrik. Garis ini memiliki sifat atau aturan tersendiri. Arah garis yang keluar dari muatan positif akan masuk ke dalam muatan negatif.

Garis-garis gaya listrik digunakan untuk menyatakan adanya medan listrik muatan positif (proton) ke arah muatan negatif (elektron). Jika muatan proton berpindah ke muatan elektron, maka akan saling tarik menarik.

Sebaliknya, saat muatan sejenis berdekatan (positif dengan positif atau negatif dengan negatif), akan saling tolak-menolak. Hal ini karena setiap garis punya jalur lintasnya masing-masing, sehingga tidak berpindah ke jalur lain.

Semakin banyak garis gaya listrik, maka medan listrik akan semakin kuat. Begitu juga sebaliknya, jika garis gaya listrik sedikit, medan listrikpun semakin lemah.

Baca juga: Apa Itu Teknik Elektro? Dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

Rumus medan listrik

Medan listrik biasanyan dipelajari dalam mata pelajaran Fisika. Unutk lebih memahami konsep medan listrik, bisa menggunakan rumus.

Berikut rumus yang digunakan:

Contoh soal menghitung kuat listrik sebagai berikut:

Jawaban dari soal tersebut adalah

Buat kamu yang menyukai sains seperti Fisika, bisa melanjutkan kuliah dan memilih jurusan teknik.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close