System Engineer, Profesi Tepat Bagi Pecandu Komputer

KAMPUS, malangpost.id – System enginer menjadi salah satu profesi yang banyak diincar bagi para pecandu komputer di bidang IT. Profesi ini juga banyak diburu oleh perusahaan yang rela mengeluarkan gaji besar untuk lulusan yang memiliki kemampuan ini.

Apa itu system engineer?

System engineer adalah teknisi yang mempunyai peran penting di berbagai sektor bisnis. Ia bertugas melakukan perencanaan dan memonitor performa sistem secara menyeluruh. Dalam system engineering, teknisi melakukan perencanaan, mulai dari menciptakan dan melaksanan proses untuk memastikan perencanaan tersebut berjalan.

Selain itu, teknisi system engineering harus mampu mengidentifikasi masalah dan mencari solusi yang paling efektif. Dalam menjalankan tugas, system engineer bekerja sama dengan profesi lain, termsuk tim engineer dan manajer proyek.

Tugas dan tanggung jawab teknisi system engineering

Seorang system engineer memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda-beda di setiap perusahaan. Namun, secara umum ruang lingkup pekerjaan profesi ini adalah:

1. Bertugas memimpin proses desain dan integrasi sistem baru yang digunakan, baik sistem mekanik maupun komputer.

2. Memantau performa sistem dan mengatasi masalah dalam sistem dengan mencari solusi yang efektif.

3. Selain mendesain dan mengimplementasikan sistem baru, teknisi system engineering juga melakukan proses upgrade sistem berjalan dengan baik.

4. Membantu masalah teknis yang dialami klien maupun konsumen

Baca juga: Teknik Informatika, Jurusan Paling Diminati Saat Ini, Kenapa Ya?

Kemampuan yang perlu dimiliki

Mempunyai tugas dan tanggung jawab besar, seorang system engineer perlu memiliki kemampuan untuk meningkatkan performa bisnis tempatnya bekerja.

Berikut beberapa kemampuan yang wajib dimiliki teknisi system engineering

1. Pengetahuan yang mendalam mengenai komputer, termasuk bahasa pemrograman, sistem operasi, instalasi software, dan komponen hardware.

2. Kemampuan berkomunikasi, berorganisasi, dan manajemen proyek yang diperlukan untuk proses anggaran, pembuatan jadwal, dan pembentukan tim dalam mengerjakan proyek dan sistem baru

4. System engineer juga perlu memiliki kemampuan berkomunikasi dengan sesama tim dan juga klien/konsumen.

5. Punya kemampuan untuk menganalisa dan menyelesaikan setiap permasalahan yang berkaitan dengan sistem.

6. Teknisi system engineering juga perlu memiliki kemampuan dan perhatian pada hal-hal detil untuk menghindari kesalahan fatal pada sistem.

Pendidikan system engineering

Profesi system engineer bisa diperoleh melalui jalur pendidikan formal dengan kuliah di jurusan teknik. Buat kamu yang senang dengan komputer bisa memilih melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang).

Baca juga: Kamu Suka Matematika? Ini Kaitannya Dengan Jurusan Teknik Informatika

Kampus yang berada di Malang, Jawa Timur memiliki Fakultas Teknologi dengan jurusan teknik, diantaranya Teknik Informatika, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro. Dengan belajar di jurusan teknik, kesempatan untuk bekerja di bidang IT, termasuk system engineer terbuka lebar. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *