Dapat Hibah Tracer Study, Unikama Ingin Bentuk Lulusan Berkualitas dan Berdaya Saing

KAMPUS, Malangpost.id – Career Development Center (CDC) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang baru saja berhasil mendapatkan hibah program Tracer Study.

Diketahui, untuk keempat kalinya hibah Tracer Study ini diperoleh dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala CDC Unikama, Dr. Khairul Bariyyah M.Pd yang mengatakan tahun 2021 menjadi tahun keempat CDC Unikama memperoleh hibah.

Hibah diberikan karena CDC mampu menggambarkan data situasi kerja para alumni pasca lulus dari Unikama. Contohnya seperti gambaran bidang pekerjaan sampai kendala dari para alumni.

Selain itu dia menyebutkan, hasil pelaksanaan Tracer Study menunjukkan Unikama telah menjadi lulusan dalam mendapatkan lapangan kerja sesuai kompetensi yang dimiliki masing-masing lulusan.

“Dengan adanya gambaran bidang pekerjaan alumni juga membantu Unikama mengurangi waktu tunggu lulusan,” sambung Khairul

Lewat Tracer Study, maka ketersediaan data informasi berharga lulusan dapat diperoleh. Pada gilirannya, data tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penyempurnaan dan penjamin kualitas lembaga.

Data berharga tersebut bisa berupa informasi mengenai hubungan antara Perguruan Tinggi dan dunia kerja profesional.

“Menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders), dan kelengkapan persyaratan akreditasi,” sambungnya

Ia mengartikan Tracer Study sebagai kajian pelacakan jejak alumni guna memonitoring pergerakan lulusan dalam pasar kerja.

Bertujuan untuk mengetahui hasil dari proses pendidikan, berbentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, situasi kerja terakhir, keselarasan, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja.

Mendatang dalam pelaksanaan Tracer Study tahun 2021, Unikama menargetkan response rate mencapai lebih dari 35%.

Harapannya agar dapat menyempurnakan kualitas lembaga pada upaya mengembangkan skill mahasiswa selaras dengan tuntutan dunia kerja.

Pihaknya juga berharap Tracer Study bisa membantu Unikama untuk meningkatkan relevansi kurikulum dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat.

“Sehingga Unikama mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi sesuai tuntutan globalisasi, Revolusi Industri 4.0, Civil Society 5.0, dan stakeholders,” pungkasnya

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *