UIN Maliki Malang Gelar Wisuda Online di Era Pandemi, Diikuti Oleh Ribuan Wisudawan

KAMPUS, Malangpost.id – Kamis (24/6) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang Gelar Wisuda secara daring.

Hal ini lantaran masih dalam situasi pandemi, dan kasus Covid-19 masih terjadi kenaikan.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Abdul Haris M.Ag membenarkan, pihaknya masih melaksanakan wisuda daring karena kecenderungan kasus Covid-19, khususnya di Kota Malang masih naik.

“Sehingga kita harus hati-hati, nanti kena satu saja (tertular Covid-19) bakal menjadi persoalan, meskipun menerapkan protokol kesehatan yang kuat,” tambahnya

Mendatang jika kasus Covid-19 sudah mulai mengalami penurunan, bukan tidak mungkin jika pihaknya bakal melaksanakan wisuda secara luring layaknya beberapa universitas lainnya.

“Menyelamatkan nyawa lebih penting, daripada wisuda. Semisal satu saja yang mati karena tertular Covid-19 saat wisuda. Maka itu akan menutup kebahagiaan sekian  ribu orang yang ikut wisuda,” tekannya

Diketahui, gelaran ini diikuti oleh setidaknya 1.600 wisudawan dengan prosesi wisuda dibagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama untuk wisuda periode 1 tahun 2021, dilaksanakan pada jam 08.00 hingga 09.30 WIB dan diikuti oleh 800 wisudawan.

Wisuda Terbagi Dua Sesi

Dengan rincian periode satu sesi satu, untuk FITK (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) sebanyak 187 wisudawan, FSY (Fakultas Syariah) ada 108 wisudawan, FHUM (Fakultas Humaniora) sejumlah 125.

Selanjutnya FPSI (Fakultas Psikologi) ada sebanyak 38 wisudawan, FE (Fakultas Ekonomi) sebanyak 38, FSAINTEK (Fakultas Sains dan Teknologi) ada sejumlah 150.

Kemudian FKIK ada sejumlah 49, dan Program Pasca Sarjana sebanyak 105 wisudawan.

Sedangkan untuk sesi kedua, untuk wisuda periode dua 2021 dilaksanakan pada pukul 10.00 hingga 11.30 WIB, diikuti juga oleh 800 wisudawan.

Dengan rincian jumlah wisudawan di sesi kedua untuk FITK sejumlah 236, FSY sebanyak 55 wisudawan, FHUM ada 49, FPSI sebanyak 32, lalu FE sebanyak 96 wisudawan.

Kemudian FSAINTEK 250 wisudawan, FKIK sejumlah 5 wisudawan, dan Pascasarjana ada sebanyak 77 wisudawan.

Abdul Haris lalu menuturkan, bahwa wisuda daring juga diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari luar negeri.

“Wisudawan terjauh dari luar negeri, Libya,” kata Haris

Terakhir dirinya berharap, sarjana S1 hingga S3 harus lebih peka terkait isu-isu kemanusiaan di era pandemi Covid-19. Artinya kepedulian terhadap sesama harus benar-benar dibentuk dan dimunculkan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *