Kunci Sukses Menjadi Seorang Engineer yang Handal

KAMPUS, malangpost.id – Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini, menjadi seorang engineer handal terbuka lebar bagi siapa saja yang tertarik dengan dunia teknik. Prospek kerja dari lulusan ini meliputi disiplin ilmu teknik kimia, teknik sipil, teknik lingkungan, teknik mesin, dan teknik listrik.

Menjadi seorang engineer diperlukan pendidikan minimal sarjana dari berbagai disiplin ilmu engineering. Selain pendidikan formal dan pelatihan, seorang engineer juga perlu memiliki lisensi. Diperlukan hard skill dan soft skill yang dikuasai seorang engineer.

Berikut beberapa skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang engineer yang handal.

Kreatif

Seorang engineer perlu memiliki kreativitas untuk menunjang pekerjaannya. Salah satunya melibatkan perencanaan dan pengembangan produk. Karenanya, diperlukan pikiran yang kreatif untuk melihat masalah dan mencari solusi.

Baca juga: Apa Itu Teknik Elektro? Dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

Problem solving

Dalam pekerjaannya, seorang engineer handal diharapkan bisa memecahkan masalah menggunakan peralatan atau mesin yang dimiliki. Diperlukan analisis untuk menemukan jalan keluar dari setiap masalah yang ditemui. Dalam proses tersebut diperlukan pemikiran analisis melalui riset, tes protipe, dan sebagainya.

Komunikasi

Tidak hanya kemampuan teknis, seorang engineer juga harus mampu berkomunikasi dengan baik. Skill ini diperlukan untuk berkomunikasi dengan tim dan juga klien. Terutama, saat berkomunikasi dengan mereka yang tidak paham dengan istilah teknik yang rumit. Engineer harus mampu menyampaikan hal tersebut dengan jelas dan mudah dipahami.

Teamwork

Dalam melakukan suatu proyek atau pekerjaan engineering umumnya melibatkan banyak kerja tim. Tidak hanya dalam satu kelompok, namun juga terkadang bekerja dengan bidang lainnya. Diperlukan kerjasama yang baik dalam mengembangkan suatu produk atau memecahkan masalah. Karena itu, kemampuan untuk bekerja dalam tim sangat penting dimiliki oleh seorang engineer.

Kepemimpinan

Salah satu skill yang diperlukan untuk menjadi engineer yang handal yaitu kepemimpinan. Kemampuan ini diperlukan untuk mengelola dan memotivasi anggota tim dan rekan kerja agar suatu proyek bisa berjalan lancar dan tidak terjadi konflik.

Kunci sukses menjadi engineer handal

Lima skill di atas setidaknya perlu dimiliki seorang enginer agar bisa sukses menjadi teknisi yang handal. Kamu dapat mengasahnya sejak dari bangku kuliah, melallui kegiatan organisasi, dan melalui proyek yang dikerjakan bersama kelompok atau dosen.

Sebagai langkah awal, kamu bisa memilih kampus yang menyediakan jurusan teknik, seperti Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang). Kampus yang terletak di Kota Malang ini memiliki beberapa pilihan jurusan buat kamu yang suka dengan bidang teknik.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *