KKN Tematik UM 2021 Desa Clumprit, Penggalian Potensi Lokal Berbasis Ekonomi Kreatif

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Konten_Netwriter_-2.jpg
This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Konten_Ajakan_Netwriter-3.jpg

KAMPUS, Malangpost.id – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah wajib yang diselenggarakan oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta wawasan sebagai bekal hidup di masyarakat setelah lulus nantinya.

Hal inilah yang dilakukan oleh Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Dimana mereka melakukan KKN Tematik di Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Kegiatan pembukaan dilakukan di Balai Desa Clumprit pada hari Senin (14/06/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh Perangkat Desa seperti Kepala Desa, Kepala Dusun beserta jajarannya.

Tema dari kegiatan ini adalah Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Potensi Lokal dan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif. Harapan dalam pengabdian ini, mahasiswa dapat menggali lebih dalam potensi lokal yang ada di desa serta dapat mengembangkannya melalui konsep ekonomi kreatif.

Seperti hal yang disampaikan oleh Bapak Subur selaku Kepala Desa. Beliau mengatakan bahwa potensi utama yang terdapat di Desa Clumprit adalah Pertanian dan Peternakan. Peternakan dalam hal ini mencakup kelompok ayam petelur, bebek, ikan dan yang terbaru adalah budidaya ulat hongkong.

Penyesuaian Program Kerja dengan Potensi Desa Clumprit

Program kerja yang dicanangkan tentunya disesuaikan dengan potensi-potensi lokal yang ada di Desa Clumprit. Adapun program kerja yang diajukan adalah sosialisasi dan penyuluhan kewirausahaan, penerapan menabung sejak dini, penanaman sayur bersistem polybag, pengolahan daun kelor kedalam produk bernilai jual, branding ulat hongkong dan kegiatan sosial mengajar. Berbagai program kerja tersebut mendapat respon yang positif dari pihak desa, sehingga nantinya diharapkan pelaksanaan program kerja dapat berjalan dengan baik.

Dalam mewujudkan hal tersebut, tentunya dibutuhkan kerjasama antar pihak. Kerja sama yang dimaksud baik dari perangkat desa sebagai pejabat pemerintah maupun masyarakat desa sebagai sasaran program. Adanya berbagai program kerja yang dipaparkan, diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat pada umumnya. Serta menyalurkan ilmu yang berguna bagi mahasiswa pada khususnya. Secara tidak langsung, kegiatan pengabdian ini juga bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Serta bertujuan menjalin hubungan baik dengan Warga Desa Clumprit.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Widya

About the Author: Widya Anjani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *