Gak Jago Coding? Tenang, Ini 5 Jenis Profesi Tanpa Harus Ngoding!

Mau tahu apa saja prospek lulusan IT tanpa harus jago ngoding?

KAMPUS, malangpost.id – Dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat, peluang pekerjaan di dunia Informasi Teknologi (IT) semakin terbuka lebar. Pekerjaan di bidang inipun bertambah populer dan menjadi incaran banyak orang.

Namun, masih banyak yang mengira kalau lulusan dari jurusan IT dianggap jago pemrograman dan otomatis mampu membuat sebuah program. Nyatanya, tidak semua yang berkuliah di jurusan IT jago pemrograman atau jago ngoding.

Nah, kamu tak perlu khawatir. Meski tak punya skill coding, kamu bisa tetap bekerja di dunia IT. Bahkan, ada banyak lowongan pekerjaan dengan jenjang karir yang menjanjikan di bidang ini.

Berikut beberapa peluang kerja yang ada untuk anak IT yang tak jago ngoding.

1. Database administrator

Peluang karir yang pertama adalah database administrator. Setiap perusahaan di berbagai bidang pastinya memiliki database sendiri. Hal ini menjadi penting karena semua informasi perusahaan tersimpan di sana.

Untuk menjaga dan mengelolanya dibutuhkan seseorang yang paham. Untuk menjadi database administrator, kamu hanya perlu menguasai satu bahasa pemrograman, seperti SQL. Pekerjaan inipun menawarkan gaji yang cukup tinggi di perusahaan besar.

Baca juga: Apa Itu Teknik Elektro? Dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

2. System analyst

Prospek lulusan IT tanpa harus jago ngoding berikutnya adalah system analyst. Namun, kamu harus punya kemampuan dalam menganalisa sebuah sistem dan masalah bisnis yang terjadi. Selain itu, pekerjaan ini membutuhkan ketelitian.

Kemampuan berkomunikasi juga wajib dimiliki seorang system analyst. Skill ini dibutuhkan untuk saat berhubungan dengan pihak lain, seperti developer, stakeholder, dan customer. Posisi ini juga dituntut mampu berinovasi untuk pengembangan sebuah sistem.

3. Product manager

Tanpa harus jago ngoding, kamu masih bisa bekerja di dunia IT dengan menjadi product manager. Pekerjaan ini mencakup tanggung jawab dalam membuat sebuah produk yang sesuai dengan keinginan user.

Seorang product manager perlu memiliki keahlian dalam berkomunikasi, negosiasi, dan berpikir secara analitis dan strategis.

4. Technical writer

Menjadi technical writer bisa jadi pilihan buat kamu lulusan IT tapi tidak jago pemrograman. Profesi ini umumnya bertugas mendokumentasikan sebuah sistem atau aplikasi menjadi tulisan. Sehingga dibutuhkan keahlian menulis dan menggambar diagram alur secara jelas dan singkat.

Biasanya tulisan berupa manual book yang ditujukan untuk user ataupun programmer. Seorang technical writer akan berhubungan kerja dengan system/bussiness analyst.

5. UI/UX designer

User Interface (UI) dan User Experience (UX) designer adalah dua dari sekian prospek lulusan IT tanpa harus jago ngoding yang ada. Terutama buat kamu yang lebih suka menggambar dibandingkan belajar pemrograman saat kuliah.

Salah satu tugas UI designer mempercantik tampilan produk atau suatu halaman. Sedangkan UX bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Peluang kerja bidang IT tanpa skill coding

Itu tadi lima peluang kerja bagi kamu yang kuliah di bidang IT tapi tak jago bahasa pemrograman. Jadi, tak perlu khawatir untuk melanjutkan kuliah di bidang teknik. Nah, buat kamu yang sedang mencari perguruan tinggi, bisa mendaftar di ITN Malang, salah satu kampus dengan jurusan teknik terbaik di Kota Malang. Untuk informasi jurusan dan lainnya, langsung saja kunjungi laman resmi ITN Malang di https://www.itn.ac.id/. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *