Prodi Pendidikan Ekonomi Unikama Bekali Mahasiswa Ilmu Kependidikan dan Kewirausahaan

KAMPUS, Malangpost.id – Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), menjadi salah satu prodi yang banyak diminati.

Pasalnya, selain banyak memberikan peluang pekerjaan, ilmu yang didapatkan juga mampu untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Dapat Hibah Tracer Study, Unikama Ingin Bentuk Lulusan Berkualitas dan Berdaya Saing

Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi, Dr. Lilik Sri Hariani, M.Ak. menjelaskan, mata kuliah Prodi Pendidikan Ekonomi didasarkan atas kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dimana dalam kurikulum tersebut, mahasiswa mendapatkan hak dan juga kebebasan untuk belajar hingga tiga semester di luar prodi.

“Selain itu, ditahun 2020 kemarin, kami juga mendapatkan hibah MBKM yang mana dana tersebut diimplementasikan untuk mengembangkan Prodi sesuai dengan kurikulum MBKM, ” ujarnya

Dirinya melanjutkan, untuk pelaksanaan perkuliahan pihaknya mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang ditinjau ulang oleh masing-masing dosen pengampu mata kuliah.

Pembelajaran Daring Berbasis Case Method dan Project Base Learning

Sedangkan untuk masa pandemi seperti sekarang, pembelajaran dilakukan secara daring. Oleh karenanya pihaknya berusaha memperbaiki RPS guna melaksanakan pembelajaran daring berbasis Case Method dan Project Base Learning.

Menurutnya, dalam penyusunan desain pembelajaran daring tersebut ada beberapa poin penting yang memperhatikan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi.

Baca juga : Unikama Tempati Peringkat Dua Nasional Pengusul Startup Terbanyak

Tujuannya agar desain pembelajaran sesuai dengan CPL dan mampu menjawab kebutuhan dunia kerja.

Lilik mengaku, Prodi Pendidikan Ekonomi memiliki kelebihan dalam mendidik lulusan, yakni selain menjadi calon guru yang dibekali dengan ilmu terkait kependidikan. Calon lulusan atau mahasiswa juga dibekali ilmu untuk berwirausaha.

Peluang Mahasiswa Setelah Lulus

Mereka yang lulus dari Prodi Pendidikan Ekonomi, nantinya berpeluang untuk menjadi Guru. Diantaranya Guru IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP), Guru Ekonomi, Manajemen, Perkantoran, Bisnis, dan Akuntansi di Sekolah Menengah Umum maupun Kejuruan.

Selain itu, mahasiswa juga bisa menjadi pebisnis atau bidang pekerjaan yang lain seperti perbankan. Karena ada beberapa alumni Prodi Pendidikan Ekonomi yang bisa bekerja di Bank.

Baca juga : Dosen Prodi Pendidikan Geografi Unikama Berhasil Lolos Program Visiting Researcher SIL Universitas Indonesia

Ia lantas berharap, mendatang Prodi Pendidikan Ekonomi dapat memperoleh mahasiswa baru lebih banyak. Sehingga juga bisa lebih banyak menghasilkan lulusan yang bisa bersaing dalam dunia kerja.

“Prodi Pendidikan Ekonomi akan lebih mengaktifkan peran dan partisipasi dosen serta mahasiswa. Terutama dalam upaya meningkatkan kualitas Prodi dengan program pelatihan soft skill,” ungkap Lilik

“Seperti pelatihan keahlian dan wirausaha. Sehingga, lulusan lebih siap dan selaras dengan kebutuhan zaman,” pungkasnya.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *