Promosikan Potensi Wisata Desa Gampingan, Tim Dosen UIN Mengabdi Bentuk Website Desa

KAMPUS, Malangpost.id – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, tidak disia-siakan oleh Dosen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang untuk membuat media promosi desa.

Mereka adalah Agung Teguh Wibowo Almais. M.T., A’la Syauqi. M.Kom, Abd. Rouf. M.H.I., Dr. Mochammad Imamudin, dan Dyah Febriantika Istiqomah. S.E., M.Sc. yang tergabung dalam tim UIN Mengabdi.

Diketahui mereka membuat media promosi berbasis website desa dengan menggunakan domain desa.id. Media tersebut digunakan untuk mempromosikan Desa Wisata Gampingan, supaya lebih dikenal sebagai salah satu tujuan wisata nasional.

Baca juga : UIN Maliki Malang Berikan Penghargaan Untuk Fakultas dan Pascasarjana Berprestasi

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang tersebut memiliki potensi sebagai wisata alam. Terdapat spot wisata utama berupa panjat tebing bernama Lembah Kera.

Lembah Kera memang sudah bertahun-tahun digunakan sebagai panjat tebing bagi pencinta olahraga tersebut. Mengingat Lembah Kera juga sangat cocok digunakan bagi pemula panjat tebing untuk latihan.

Selain itu, Desa Wisata Gampingan juga dikenal dengan kuliner Mahonian yang menawarkan berbagai olahan ikan air tawar, seperti gurami, mujair, wader hingga lobster.

Agar Desa Gampingan Mudah Ditemukan

Agung Teguh Wibowo Almais, salah seorang dosen anggota tim UIN Mengabdi menjelaskan, pada proses membangun situs web tim UIN Malang berkoordinasi dengan Kepala Desa Gampingan, beserta jajaran perangkat.

“Kami membangun situs web sebagai media promosi desa Gampingan yang beralamatkan gampingan.desa.id,” tegas Agung

“Supaya masyarakat dapat mengakses situs web Desa Gampingan dengan mudah, tim UIN Malang juga melakukan optimalisasi yang sesuai untuk mesin pencari,” sambungnya

Dengan demikian maka hasil mesin pencari (Google) untuk Desa Gampingan akan dengan mudah ditemukan, terlebih dengan mengetik keyword “desa wisata” dan “desa gampingan”.

Baca juga : Tim Mahasiswa UIN Maliki Malang Bentuk Aplikasi Fintaxco, Beginilah Penjelasannya

Tidak hanya membangun website, tim dosen UIN Malang juga melakukan penyesuaian terhadap sumber daya manusia.

Hal tersebut dilakukan dengan cara memberikan pelatihan kepada para perangkat dan para pemuda desa Gampingan tentang penggunaan situs web. Tujuannya agar dapat menggunakan situs web untuk media promosi dan kemajuan desa.

Selain membangun desa.id di desa Gampingan, tim UIN Mengabdi juga dapat kepercayaan untuk perawatan server situs web desa.

“Pembangunan situs web diharapkan menjadi pelopor pembentukan situs web desa dengan domain desa.id di Malang Raya sebagai bukti nyata jika desa juga memiliki potensi tinggi, mandiri dan unggul,” pungkas Agung.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *