UIN Maliki Malang Gelar Simulasi CBT Seleksi Jalur Mandiri Tulis dan Prestasi

KAMPUS, Malangpost.id – Hari ini, Senin (12/7) Universitas Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang gelar simulasi  pelaksanaan seleksi mahasiswa baru jalur Mandiri Tulis dan Prestasi Program Sarjana dan Pascasarjana 2021.

Simulasi diadakan dengan mensosialisasikan cara penggunaan alat tes, yakni CBT (Computer Based Test) atau Tes Berbasis Komputer secara daring. Sehingga dapat dipraktikkan oleh semua peserta seleksi.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Abdul Haris M.Ag berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga : UIN Maliki Malang Lakukan Doa Bersama Untuk Keselamatan dan Kesehatan Bangsa

Baik peningkatan SDM di Indonesia maupun di seluruh Dunia, mengingat UIN Maliki Malang juga menerima mahasiswa dari negara-negara lain.

“Karena keterbatasan-keterbatasan, lazim kiranya ada ujian seleksi masuk UIN Maulana Malik Ibrahim,” jelasnya

Selanjutnya ia menghimbau agar peserta dapat mempersiapkan tes atau seleksi dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya.

Sambutan melalui daring Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Abdul Haris M.Ag. (Foto: Tangkapan Layar)

Sehingga kemampuan masing-masing, dapat diukur secara mandiri dalam simulasi yang diadakan hari ini.

Sementara itu Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Maliki Malang berharap, agar pelaksanaan simulasi dapat memberikan gambaran tentang petunjuk teknis yang jelas bagi semua peserta.

Pendaftar Seleksi Mandiri Tulis Berasal dari Berbagai Jenjang

Sebagai informasi, pada jenjang S1 untuk pendaftar seleksi jalur mandiri tulis dan prestasi bidang IPA ada 2.265 orang. Sedangkan untuk bidang IPS ada sejumlah 2.813 orang peserta.

Kemudian untuk jalur Tahfiz, yakni prestasi dibidang Quran ada 91 peserta, jalur mandiri prestasi bidang kesenian ada 17 peserta. Lalu prestasi bidang olahraga ada 51 peserta, dan prestasi akademik ada 40 peserta.

Pada jenjang S2, untuk program fast track ada 53 mahasiswa pendaftar. Program beasiswa madin ada 145 calon peserta, serta program magister reguler ada 271 peserta ujian.

Baca juga : Ini Detail FITK UIN Malang, Visi Misi beserta Jurusannya! Minat?

Terakhir untuk program S3 ada 48 peserta, sehingga total peserta keseluruhan untuk jalur mandiri tulis dan prestasi tahun 2021 ini ada sekitar 5.790 peserta.

Setelah pelaksanaan simulasi hari ini, nantinya pelaksanaan seleksi akan diadakan selama tiga hari, mulai hari Rabu (14/7) sampai hari Jumat (16/7).

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *