Gandeng Ojek Online, MTsN 6 Malang Maksimalkan Giat Matsama

DIKSAR, Malangpost.id – Saat ini sekolah, termasuk madrasah sedang melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau Madrasah kepada siswa baru.

Pengenalan tersebut tahun ini masih dilaksanakan secara daring, karena penyebaran Covid-19 belum ada tanda mengalami penurunan dan justru naik secara signifikan.

Sehingga berbagai wilayah, termasuk Malang Raya harus menjalankan PPKM Darurat, dimana sekolah harus kembali berkegiatan secara online penuh.

Merespons kondisi ini, MTsN 6 Malang menjalankan pengenalan madrasah yang lebih dikenal sebagai Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) dengan cara yang terbilang unik.

Baca juga : MPLS Untuk Peserta Didik Baru Terlaksana Online Selama PPKM Darurat

Menggaet ojek online, pihak MTsN 6 Malang mengirim bahan belajar (buku), dan juga peralatan sekolah kepada siswa baru yang membutuhkan. Seperti siswa yatim, piatu, maupun siswa yang kurang mampu.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mendukung program Matsama dan back to school di tengah PPKM Darurat.

Dengan jasa ojek online, Madrasah yang berlokasi di Sukoharjo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang ini setidaknya mengirim bantuan itu ke beberapa lokasi.

Driver ojek online antarkan paket Matsama. (Foto: MTsN 6 Malang)

Antara lain ke Karangrejo, Tajinan, Sambigedhe, Blimbing, Sukonolo, Sawunggaling, Glanggang Pakisaji, Ngebruk, Karangduren, Tamanayu, dan Boro.

Matsama MTsN 6 Malang Selama Tiga Hari

Selaku Kepala MTsN 6 Malang, Sutirjo menuturkan bahwa Matsama yang menjadi kegiatan pengenalan madrasah kepada siswa baru akan dilangsungkan selama tiga hari.

“Meski digelar dalam kondisi darurat, terbatas. Namun ini tidak boleh menghentikan langkah sekolah untuk memberi layanan terbaik kepada seluruh peserta didik,” ujarnya

Dirinya juga mengungkapkan, melalui pemanfaatan channel youtube, pembukaan Matsama diikuti oleh seluruh siswa Kelas VII yang didampingi oleh orang tuanya masing-masing.

“Siswa mengikuti rangkaian kegiatan secara daring melalui video-video interaktif yang sudah disiapkan panitia. Tujuannya untuk memberikan layanan belajar berbasis digital namun tetap menyenangkan,” jelasnya.

Baca juga : Begini Upaya MTsN 6 Malang Bentuk Siswa Mahir Bidang Penelitian

Selain itu, sebagai madrasah riset pihaknya juga menyiapkan materi khusus. Yakni siswa diajak melakukan riset sederhana di rumah. Mereka dibimbing oleh guru melalui video.

“Hasil dari riset yang dilakukan siswa dikirimkan baik berupa foto maupun video,” ujar Sutirjo

Guna memaksimalkan Matsama di tengah PPKM Darurat, pihak madrasah juga memberikan pinjaman handphone kepada siswa yang tidak memiliki.

Hal ini agar semua siswa tetap dapat mengikuti kegiatan Matsama dan pembelajaran daring.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *