Kelas Inspirasi Malang, Wadah Para Profesional Perbaiki Pendidikan

DIKSAR, Malangpost.id – Cikal bakal Kelas Inspirasi, lahir dari inisiatif para relawan yang sebelumnya pernah tergabung dalam Indonesia Mengajar. Indonesia Mengajar sendiri merupakan sebuah gerakan pada bidang pendidikan.

Bertujuan untuk merekrut, melatih, dan mengirim lulusan terbaik ke pelosok Indonesia selama satu tahun. Hal ini guna memberi pengajaran bagi pelajar di sekolah-sekolah. Misi utama dari gerakan tersebut adalah untuk mengajak berbagai pihak, termasuk masyarakat umum.

Agar ikut terlibat dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan. Ajakan ini hadir dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah Kelas Inspirasi.

“Kelas Inspirasi mewadahi profesional (relawan pengajar yang menguasai bidangnya) dari berbagai sektor untuk ikut berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan,” ungkap Muhammad Imam Azizun Hakim

“Melalui program ini, para profesional dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak. Untuk mengunjungi dan mengajar di Sekolah Dasar, pada Hari Inspirasi” sambung Koordinator External Relation Kelas Inspirasi Malang tersebut

Dirinya melanjutkan, saat berkegiatan para profesional akan diajak untuk menceritakan mengenai profesinya.

Dokumentasi Kegiatan Kelas Inspirasi, saat Sebelum Pandemi. (Foto: Kelas Inspirasi Malang)

Bibit Para Siswa untuk Bermimpi

Cerita tersebut diharapkan mampu menjadi bibit para siswa untuk bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita pada diri mereka. Sehingga siswa memiliki lebih banyak pilihan profesi, serta lebih termotivasi untuk bermimpi yang lebih besar.

Dia menambahkan bagi para Profesional Pengajar, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap perbaikan masa depan pendidikan.

Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD, diharapkan juga dapat berkembang. Sehingga nantinya mampu melahirkan banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi para profesional.

“Kelas Inspirasi Malang Periode 1, diadakan pada 25 April 2012. Tujuannya untuk menjadi gerbang atau wadah keterlibatan bagi para relawan profesional dengan dunia pendidikan secara nyata. Berguna untuk menginspirasi pelajar SD yang ada di lingkungan sekitar pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya” ungkap Hakim

Kelas Inspirasi terdiri dari beberapa sub divisi, yakni relawan dari kalangan profesional, relawan dokumentasi dan relawan panitia. Mereka semua dipilih melalui proses rekrutmen. Untuk sekarang relawan sudah ada sekitar 77 orang.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *