Technopreneur, Peluang Usaha Bagi Lulusan Teknologi

KAMPUS, malangpost.id – Belakangan ini, technopreneur mulai sering terdengar seiring dengan kemajuan teknologi. Bahkan, bisa dibilang manusia bergantung pada teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Kini banyak bermunculan startup-startup baru hasil dari ide dan pemikiran seorang technopreneur.

Jika sebelumnya banyak yang bermimpi menjadi seorang entrepreneur, kini makin banyak orang yang ingin menjadi seorang technopreneur. Seorang technopreneur umumnya adalah mereka yang paham dengan teknologi dan bisnis, serta inovatif.

Jadi, buat kamu yang ingin kuliah di jurusan teknologi atau lulusan teknologi berpeluang menjadi seorang technopreneur.

Tentang technopreneur

Seperti diketahui, untuk menjadi seorang entrepreneur, ilmu yang dipelajari pada umumnya adalah ilmu sosial, seperti ekonomi dan manajemen bisnis. Technopreneur sendiri adalah perpaduan kata technology dan entrepreneur yang berarti wirausaha.

Sehingga jika diartikan secara menyeluruh, technopreneur adalah seorang wirausahawan dalam bidang teknologi. Seorang technopreneur merupakan pengusaha yang inovatif dan kreatif dalam mengembangkan bisnis berbasis teknologi.

Ilmu yang dibutuhkan technopreneur

Menjadi seorang technopreneur membutuhkan ilmu yang mendalam tentang teknologi dan bisnis pada saat bersamaan. Sehingga bisa memiliki pemahaman dan penguasaan yang diperlukan. Buat kamu yang tertarik menjadi seorang technopreneur, kuliah di jurusan teknologi jadi langkah yang tepat.

Beberapa jurusan yang bisa dipilih untuk menjadi seorang technopreneur adalah:

1. Sistem Informasi

Sistem informasi menjadi salah satu ilmu yang wajib dimiliki calon technopreneur. Kamu bisa memilih jurusan ini yang menggabungkan ilmu komputer, ekonomi, bisnis, manajeman. Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang jaringan komputer, pemrograman, hingga pengembangan software.

Selain itu, mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip manajemen, pengembangan dan pemasaran produk, dan lainnya.

2. Informatika

Ilmu yang perlu dikuasai oleh seorang technopreneur diantaranya adalah Informatika. Untuk mempelajari ini kamu bisa memilih jurusan Informati. Nantinya kamu akan belajar mengenai prinsip-prinsip ilmu komputer serta analisis matematis menggunakan logika dan prinsip.

Jurusan Informatika juga akan membekali mahasiswa dengan teknologi jaringan, pemrograman, dan pengembangan perangkat lunak. Diharapkan lulusan ini mampu merencanakan, merancang, hingga mengimplementasikan inovasi teknologi terbaru untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan.

3. Entrepreneurship

Yang tak kalah penting untuk dipelajari oleh seorang technopreneur adalah ilmu Kewirausahaan atau entrepreneurship. Ilmu ini akan mengajarkan tentang ide, konsep, strategi yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan menjalankan sebuah bisnis. Selain itu, kamu juga akan mempelajari teori tentang inovasi, model bisnis, dan lainnya.

Program Studi Informatika dan Sistem Informasi di ITN Malang

Bagaimana, kamu tertarik untuk menjadi technopreneur? Sebagai langkah awal, kamu bisa kuliah di Jurusan Teknik Informatika di ITN Malang. Jurusan ini telah terakreditasi B (Baik Sekali) dan kampusnya berada di Kota Malang. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *