Ini Detail Fakultas Humaniora UIN Malang, Visi Misi beserta Jurusannya! Minat?

Tertarik kuliah di Fakultas Humaniora UIN Malang, cek detailnya terlebih dahulu

KAMPUS, malangpost.id – Kuliah di jurusan humaniora dan ilmu sosial mungkin bukan pilihan utama bagi sebagian mereka yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Umumnya banyak yang memilih jurusan teknik dan ekonomi dibandingkan jurusan humaniora. Terlebih, bagi anak SMA yang akan lulus mereka kerap merasa bingung dengan prospek kerja jurusan ini.

Namun, buat kamu yang tertarik kuliah di Fakultas Humaniora, ada banyak universitas yang memiliki jurusan ini, salah satunya UIN Malang.

Tentang jurusan humaniora

Humaniora dan juga ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menjadikan manusia lebih manusiawi serta menjadi pribadi yang berbudaya. Jurusan ini melibatkan aspek sastra, sosial, seni, dan budaya.

Mahasiswa jurusan humaniora akan mempelajari tentang kemanusiaan. Beberapa hal yang akan dipelajari adalah antropologi, sosiologi, linguistic, sastra, seni, sejarah, dan politik. Nantinya, lulusan fakultas ini akan memiliki gelar Sarjana Humaniora (S.Hum).

Visi dan Misi Fakultas Humaniora UIN Malang

UIN Malang bertujuan memberikan akses pendidikan humaniora lebih luas kepada masyarakat. Selain itu, universitas yang berada di Kota Malang ini juga bertujuan menyediakan sarjana humaniora untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Fakultas Humaniora kampus ini juga bertujuan bisa menghadapi tantangan-tantangan dan perubahan sosial yang terus berubah.

Visi

Visi Fakultas Humaniora UIN Malang adalah memujudkan bidang ilmu yang integratif dalam memadukan sains dan Islam dengan reputasi internasional.

Misi

Selain itu, Fakultas Humaniora memiliki misi bisa mencetak sarjana humaniora yang berkarakter ulul albab (berakal).

Jurusan Fakultas Humaniora UIN Malang

Sebelumnya, fakultas ini bernama Fakultas Humaniora dan Budaya dan memiliki tiga jurusan, yaitu Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

Pada 2013 fakultas ini berubah nama menjadi Fakultas Humaniora. Selain itu, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab resmi meninggalkan Fakultas Humaniora untuk bergabung dengan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan pada 2014.

Fakultas Humaniora memiliki beberapa program, yaitu Program Sarjana (S1), Program Magister (S2), Program Doktor (S3), dan Program Profesi.

Fakultas Humaniora dan Budaya memiliki dua jurusan, yaitu:

1. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

2. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris

Melalui bahasa Arab, diharapkan mahasiswa mampu melakukan kajian Islam melalui sumber aslinya yaitu al-Qur’an dan al-Hadis. Dengan Bahasa Inggris, mereka diharapkan mampu mengkaji ilmu-ilmu umum dan modern, selain sebagai piranti komunikasi global. Karenanya, UIN Malang disebut bilingual university.

Prospek kerja Fakultas Humaniora

Mungkin banyak yang khawatir jika memilih jurusan di fakultas ini untuk prospek pekerjaan setelah lulus. Sebenarnya, ada banyak peluang kerja bagi lulusan jurusan. Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini bisa bekerja di bidang:

  • Jurnalistik
  • Politik
  • Pendidikan
  • Hukum dan Keamanan

Buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang Fakultas Humaniora UIN Malang, bisa mengunjungi laman resmi universitas ini di https://humaniora.uin-malang.ac.id/id.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *