7 Skill Ini Perlu Dimiliki Guru Dalam Mengajar Online

Selama pandemi, dibutuhkan softskill guru dalam pembelajaran online

DIKSAR, malangpost.id – Hingga saat ini, pandemi Covid-19 masih belum selesai. Kegiatan belajar mengajar pun masih dilakukan secara daring untuk menghindari penyebaran virus Corona. Proses kegiatan belajar secara daring tidak sedikit menimbulkan kendala, baik bagi siswa maupun guru.

Karenanya, pengajar membutuhkan keterampilan dalam mengajar online. Lalu, apa saja ketrampilan yang perlu dimiliki guru agar pembelajaran tetap berkualitas dan para siswa mudah memahami materi yang diajarkan?

Berikut beberapa softskill guru yang perlu dimiliki dalam mengajar online.

Paham media online

Dalam memberikan materi secara daring, seorang guru tentu saja harus memahami berbagai media online, khususnya aplikasi mengajar yang akan digunakan untuk memberikan pelajaran. Sebagai pengajar, Anda perlu mengetahui fitur dan aplikasi mengajar yang tepat sebagai media pembelajaran.

Beberapa cara bisa digunakan, seperti memanfaatkan aplikasi WhatsApp dengan menggunakan fitur seperti voice note (VN) untuk menerangkan materi. Selain itu, guru juga bisa membagi dokumen dan video pembelajaran pendukung atau memberikan tautan pembelajaran terkait dari sumber di internet.

Baca juga: Manfaatkan Google Classroom Di Masa Pandemi

Interaktif

Dalam pembelajaran jarak jauh, menyampaikan materi secara monolog bisa membuat siswa cepat bosan dan tidak fokus. Karenanya, softskill guru dalam berdialog secara interaktif sangat diperlukan. Selain itu, guru juga perlu memililki keahlian dalam mengelola kelas agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik.

Kreativitas

Salah satu kemampuan guru yang paling penting dimiliki dalam pembelajaran jarak jauh adalah kreativitas. Diperlukan berbagai upaya agar siswa bisa fokus dan tidak bosan dalam memperhatikan pelajaran.

Guru bisa memberikan materi yang menarik agar para siswa tetap antusias dan merasa penasaran dalam dalam proses pembelajaran. Salah satunya bisa memberikan materi dengan audio visual yang terkait dengan pelajaran.

Keterampilan Berkomunikasi

Keterampilan berkomunikasi tidak hanya penting saat menerangkan materi pelajara, namun juga saat ada siswa yang masih belum paham tentang materi yang diberikan. Guru yang memiliki komunikasi yang baik akan membuat murid merasa nyaman dan tidak sungkan atau segan untuk bertanya. Kemampuan komunikasi juga perlu dalam menjaga hubungan dengan orang tua siswa.

Menyusun kurikulum yang relevan dengan pelajaran

Selama pandemi ini, guru diizinkan untuk berkreasi dalam menyusun kurikulum sendiri dalam memberikan materi. Guru bisa melibatkan orang tua murid dalam menyusun panduan belajar bagi siswa untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih bermakna.

Mampu memberikan motivasi

Kemampuan yang perlu dimiliki seorang guru dalam pembelajaran online adalah keterampilan memotivasi para siswa. Jika guru bersikap penuh perhatian, bersahabat, ramah, dan memberikan motivasi ke murid, mereka akan merasa lebih semangat.

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Ini Perbedaan D1, D2, D3, D4 dan S1

Menyusun sistem yang rapi

Di masa pandemi yang mengharuskan pembelajaran secara online, tugas guru semakin banyak. Diantaranya menyusun kurikulum, modul, tugas, memeriksa tugas, hingga menyusun dan mempersiapkan materi yang menarik sebagai bahan belajar siswa.

Guru bisa mendapatkan materi belajar interaktif melalui internet alih-alih membuat semuanya sendiri. Tak perlu merasa gengsi untuk merekomendasikan konten-konten pembelajaran yang bagus kepada para siswa.

Itu tadi tujuh softskill guru yang perlu dimiliki pengajar dalam memberikan materi secara online. Memang, ada banyak tantangan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Namun, dengan kemajuan teknologi , Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur dan platform belajar serta materi berkualitas yang bisa didapat dari internet.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *