VCC ITN Malang Borong Tiga Predikat Sekaligus Pada Kompetisi Internasional

KAMPUS, Malangpost.id – Prestasi membanggakan kembali di raih oleh Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Kali ini berasal dari UKM Paduan Suara Mahasiswa yakni Vox Coeleistis Choir (VCC) ITN Malang.

Dalam dua kategori yang diikuti pada ajang Taipei International Choral Competition (TICC) 2021, VCC ITN Malang berhasil meraih predikat Gold Medal untuk Youth Choir Category, Silver Medal untuk Ethnic/ Traditional Music Category, dan ditambah dengan Fans Favorite Award.

TICC 2021 diketahui merupakan kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Taipei Philharmonic Foundation, Taipei, Taiwan.

Baca juga : Atlet Taekwondo ITN Malang Borong Enam Medali di Turnamen Internasional

Lomba diselenggarakan secara online dan ditampilkan secara live dari Channel Youtube TICC mulai tanggal 22 Juli hingga pengumuman Award Ceremony pada tanggal 25 Juli 2021, pukul 16.00 waktu Taipei.

iklan-dinas-kominfo

Rektor ITN Malang Prof Dr Eng Ir Abraham Lomi MSEE menyampaikan apresiasi atas perolehan prestasi yang diraih VCC ITN Malang. Mengingat mahasiswa ITN Malang masih dapat meraih prestasi dan mendapatkan predikat terhormat dalam ajang internasional, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Prestasi dimasa pandemi ini sangat luar biasa, itu menandakan prestasi mahasiswa tidak pernah surut,” ujarnya

Dirinya lantas berharap, prestasi tersebut dapat menjadi stimulus bagi mahasiswa lain agar juga turut menyumbang prestasi. Selain itu VCC diharapkan terus melahirkan prestasi-prestasi lain, baik skala nasional maupun internasional.

Awalnya Ragu, Kini Telah Terbayar oleh Predikat Internasional

Sementara itu, Vega Aditama ST, MT pembina VCC ITN Malang menjelaskan bahwa timnya merupakan salah satu tim asal Indonesia. Tim Indonesia lainnya  adalah PSM UNIV. Negeri Yogyakarta, PSM UGM Yogyakarta dan Pangudi Luhur Youth Choir.

Proses pengambilan video kompetisi oleh VCC ITN Malang. (Foto: Ist)

Dosen Teknil Sipil S1 tersebut juga mengaku awalnya merasa pesimis saat mengikuti perhelatan tersebut. Namun usaha melalui latihan secara daring via zoom yang timnya lakukan, ternyata terbayar dengan perolehan predikat di ajang internasional ini.

“Anggota banyak yang di luar Jawa, dan baru bisa berkumpul H-2 untuk rekaman,” imbuhnya

Pada ajang tersebut, pihaknya mengikutkan sebanyak 37 orang penyanyi, satu orang pianis, yakni Budi Susanto Yohanes (alumni ITN Malang) dan satu orang pelatih, yakni Supriyanto Harmanie, SS (alumni ITN). Dengan Nicollas Edgar Septandita Hariyanto, (Edgar) Teknik Informatika semester 6 sebagai Ketua Pelaksana.

Ditambahkan oleh Supriyanto Harmanie, merupakan sebuah perjuangan untuk latihan persiapan hingga menuju hari H. Mengingat adanya kendala dan keterbatasan.

Baca juga : Teknik Kimia ITN Malang Raih Hibah di Tiga Program Kemendikbud

Mulai dari mahasiswa yang berada terpisah di luar wilayah, sehingga saat latihan via online anggota tidak pernah lengkap hingga ketersediaan VCC ITN Malang yang serba terbatas. Akan tetapi, diungkapkan olehnya dengan semangat dan talenta para anggota, perjuangan tersebut berbuah manis dengan diraihnya tiga predikat.

“Ini di luar ekspektasi kami,” tekannya kepada awak media

Pada TICC 2021, VCC ITN Malang membawakan empat lagu, yaitu Lir-ilir dan Wor untuk kategori Ethnic/ Traditional Music. Kemudian Ego Sum Panis Vivus dan Pijar Surya Khatulistiwa untuk kategori Youth Choir.

Ajang tersebut diketahui oleh 38 tim yang terbagi dalam 13 kategori, dengan negara yang ikut berlomba dari seluruh kategori adalah Indonesia, Hongkong, Malaysia, Jepang, Polandia, Taiwan, China, dan Macau.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling hobi jalan-jalan; lebih senang baca novel; suka nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *