Jurusan Sastra Indonesia, Bagaimana Peluang Karirnya?

KAMPUS, Malangpost.id – Jurusan sastra Indonesia sering kali hanya dikaitkan dengan bahasa Indonesia saja. Pada kenyataannya, jurusan sastra Indonesia mempelajari beberapa bidang. Sebut saja linguistik, sastra, dan filologi merupakan ilmu-ilmu yang dipelajari di jurusan sastra Indonesia.

Jika masuk di jurusan sastra Indonesia, kita akan diajarkan berbagai keahlian, seperti skill kebahasaan, menulis, membaca, mendengarkan, dan menyimak. Beberapa keahlian tersebut akan sering digunakan di dunia kerja. Hal ini karena bahasa memang penting untuk berkomunikasi antar sesama manusia.

Baca juga : Jurusan Sastra, Pendidikan Bahasa, dan Linguistik

Banyak yang beranggapan bahwa kelak jurusan sastra hanya menjadi guru saja. Namun Banyak pekerjaan lain yang dapat dikaitkan dengan jurusan sastra Indonesia. Beragamnya keahlian yang dipelajari, membuat jurusan ini berguna bagi banyak pekerjaan. Berikut ini peluang karir dari jurusan sastra Indonesia.

1. Wartawan atau Jurnalis

Keterampilan dalam membaca dan menulis sangat dibutuhkan ketika menjadi wartawan atau jurnalis. Pelajaran-pelajaran yang didapatkan di jurusan sastra Indonesia akan sangat berguna ketika akan meliput suatu berita. Untuk mewawancarai narasumber pun, wartawan atau jurnalis harus pandai dalam berbahasa.

iklan-dinas-kominfo

2. Penulis Konten

Saat ini, banyak perusahaan yang memiliki laman mereka sendiri. Pada laman tersebut, berisi tentang apa saja yang berkaitan denga perusahaan tersebut. Beberapa juga menyelipkan konten pada laman mereka. Jurusan sastra Indonesia dibutuhkan dalam hal ini. Kemampuan menulis yang tinggi akan berguna dalam menuliskan konten di laman” perusahaan.

Baca juga : Perempuan Kuliah Teknik? Ini 5 Jurusan yang Cocok Untukmu!

3. Penulis

Berbeda dengan menulis konten, penulis cakupannya cukup luas. Hanya dengan menulis, lulusan sastra Indonesia bisa mendapatkan banyak uang. Penulis buku misalnya, jika buku berhasil diterbitkan, duduk santai di rumah pun bisa mendapatkan pemasukan dari penjualan buku. Belum lagi lulusan sastra bisa menulis skenario film. Semua itu dapat dilakukan oleh lulusan sastra Indonesia.

4. Pakar Bahasa

Pakar bahasa merupakan peluang yang besar bagi lulusan sastra Indonesia. Mengamati fenomena bahasa di Indonesia tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Meskipun kurang terkenal di masyarakat, pakar bahasa memiliki peran penting dalam perkembangan bahasa Indonesia. Selain itu juga untuk menjaga bahasa Indonesia agar tetap terjaga.

Baca juga : Ini Detail Fakultas Humaniora UIN Malang, Visi Misi beserta Jurusannya! Minat?

5. Editor

Tidak hanya penulis buku, editor pun juga mengambil peran penting dalam terciptanya sebuah buku. Editor bertugas untuk memperbaiki tulisan yang dirasa kurang tepat. Editor juga harus memastikan buku tersebut dapat dibaca dan dinikmati oleh pembaca.

6. Instansi Pemerintah

Lulusan sastra Indonesia juga dapat bekerja di instansi pemerintah. Lembaga pemerintah yang dapat dikaitkan dengan jurusan sastra Indonesia adalah Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri. Selain itu, ada Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang merupakan bagian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menarik bukan? Cakupan lulusan sastra Indonesia cukup luas. Mulai dari menghasilkan karya sendiri hingga bekerja di instansi pemerintahan. Dan semua itu memiliki bayaran yang tidak sedikit.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad

About the Author: Muhammad Hafizh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *