Teknik Pomodoro, Meningkatkan Konsentrasi Secara Efektif dan Efisien untuk Belajar Produktif

DIKSAR, Malangpost.id – Kalau waktu belajar kamu sebenarnya banyak, tapi tidak ada satu pun tugas atau pekerjaan kamu yang beres. Itu artinya kamu sedang terdistraksi banyak hal nih, sobat Malang Post.

Memang saat manajemen waktu merupakan hal yang seringkali sulit dilakukan oleh sebagian orang. Apapun profesimu, mengatur waktu dengan sebaik-baiknya adalah hal yang wajib dilakukan agar waktu yang dimiliki menjadi lebih produktif.

Nah, salah satu cara manajemen waktu yang cukup efektif dan efisien adalah Teknik Pomodoro.

Apa itu Teknik Pomodoro?

Pomodoro adalah sebuah teknik belajar berdasarkan time management yang diciptakan oleh Francesco Cirilo. Dulu, ketika dia awal-awal kuliah pada akhir tahun 1980, dia kesulitan fokus belajar, sampai akhirnya dia menyadari bahwa harus belajar dengan interval waktu tertentu dengan diselingi waktu istirahat. Sehingga kondisi fisik dan psikisnya pun bisa lebih refresh.

Baca juga : Dua Sisi Proses Pembelajaran Jarak Jauh Terkait Pandemi Covid-19

iklan-dinas-kominfo

Pomodoro sendiri artinya tomat dalam bahasa Italia. Nama ini dipilih karena pada saat mengembangkan teknik ini, Francesco menggunakan timer dapurnya, dan kebetulan timer ini berbentuk tomat merah.

Bagaimana Cara Melakukan Teknik Pomodoro?

Ilustrasi Teknik Podomoro (Sumber : linkedin.com )
  1. Siapkan tugas yang mau kamu kerjakan. Ingat, dahulukan tugas prioritas atau tugas yang deadline-nya mepet.
  2. Set timer di HP kamu selama 25 menit.
  3. Kerjakan tugas kamu dengan fokus sampai timer berbunyi. Ingat ya selama 25 menit ini kamu tidak boleh mengerjakan apapun termasuk bermain HP. Waktu 25 menit inilah yang disebut sebagai “jendela belajar”.
  4. Setelah timer berbunyi, berhentilah bekerja, meskipun tugas yang kamu kerjakan belum selesai.
  5. Istirahatlah selama 3-5 menit. Kamu bisa mengisi waktu istirahat ini dengan minum, stretching atau cek HP.
  6. Lanjut kembali membuka “jendela belajar” selama 25 menit. Setelah empat “jendela belajar” berlalu, kamu bisa beristirahat panjang sekitar 15-30 menit.

Gimana nih, sobat Malang Post? Mudah bukan? Yuk, cobain! Dijamin belajar kamu menjadi lebih efektif, tugas kamu jadi cepat selesai, dan kamu bisa melakukan aktivitas lainnya dengan santai.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Susmitha

About the Author: Susmitha Nurzaini

Someone who interrest and eager to learn more about jurnalistic, public, and communication. Stay safe and stay healthy all! Cheers!^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *