Ini Pentingnya jadi Ahli Ilmu Komputer di Era Society 5.0

KAMPUS, malangpost.id – Perkembangan teknologi semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Dengan kemajuan perkembangan teknologi, banyak terjadi perubahan dan pastinya membutuhkan tantangan. Namun, tercipta juga peluang yang sangat besar di era Society 5.0, khususnya bagi ahli ilmu komputer.

Lulusan ilmu komputer, khususnya magister, memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan pada era  Society 5.0. Untuk menciptakan ahli komputer yang mumpuni, pendidikan tinggi ilmu komputer sangat dibutuhkan.

Apa itu Society 5.0?

Sebelumnya, kita sering mendengar istilah Revolusi Industri 4.0. Society 5.0 sendiri merupakan kelanjutan dari Revolusi Industri 4.0 yang dicetuskan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada 2017. Society 5.0 merujuk pada suatu kondisi beberapa teknologi, seperti Internet of Things (penggunaan internet untuk segala hal), artificial intelligence (kecerdasan buatan seperti robot), dan Big Data (ketersediaan data dalam jumlah yang besar).

Pemanfaatan perkembangan dan terobosan-terobosan inovasi teknologi di era Society 5.0 diharapkan dapat membantu melayani dan membuat hidup manusia lebih baik dan nyaman. Society 5.0 menekankan pada peranan manusia sebagai komponen utama dalam teknologi di masa depan.

Selain itu, dalam Society 5.0 diharapkan peningkatan produktivitas populasi dunia, namun tak menggantikan pekerjaan utama manusia oleh teknologi.

Baca juga: Kamu Suka Matematika? Ini Kaitannya Dengan Jurusan Teknik Informatika

Kebutuhan ahli komputer di era Society 5.0

Untuk mewujudkan kehidupan yang diharapkan dalam era Society 5.0 tentunya akan timbul tantangan dan hambatan. Salah satunya adalah kebutuhan SDM yang mumpuni di bidang teknologi. Dibutuhkan ahli komputer yang mampu merancang, membangun, menerapkan, hingga memelihara baik perangkat keras maupun lunak serta jaringan komputer.

Ahli komputer yang dibutuhkan setidaknya harus memiliki pendidikan hingga magister. Karena selain mempelajari seluk beluk komputer, juga perlu menghasilkan riset-riset yang berhubungan dengan ilmu komputer. Riset inilah yang nantinya akan berguna untuk menciptakan inovasi-inovasi serta menemukan solusi dari permasalahan bidang teknologi demi mendukung Society 5.0.

Baca juga: Teknik Informatika, Jurusan Paling Diminati Saat Ini, Kenapa Ya?

Program Studi Ilmu Komputer

Untuk menjadi ahli komputer yang handal dan mumpuni, setidaknya perlu mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Jadi, buat kamu yang ingin berprofesi di bidang teknologi, khususnya ilmu komputer, bisa memilih kampus yang menyediakan program studi yang mempelajari ilmu komputer.

Sebagai langkah awal, kamu bisa memilih jurusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang). Jurusan Teknik Informatika ITN Malang telah terakreditasi B dari BAN-PT. Sebagai mahasiswa, kamu akan belajar merancang prosesor, sistem informasi, dan juga perangkat lunak (software). Lulusan Teknik Informatika juga dilatih menajdi individu yang inovatif, kreatif, dan handal di bidang teknologi informasi dan juga komunikasi sebagai bekal di era Society 5.0.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *