Cegah Penularan Covid-19, Tim Dosen Unitri Lakukan Inisiasi Kesehatan di SDN Landungsari 1

KAMPUS, Malangpost.id – Sudah satu tahun lamanya, Indonesia termasuk di wilayah Malang Raya masuk dalam kondisi pandemi Covid-19. Hal ini membuat sebagian besar masyarakat merasa cemas. Khususnya para orang tua dan anak-anak yang terkadang masih belum memahami cara penularan Covid-19.

Dari masalah ini, tiga dosen Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang melakukan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) bertempat di SDN Landungsari 1, Kecamatan Dau, Malang.

Mereka adalah Swaidatul Masluhiya AF., S.Si., M.Ked.Trop sebagai Ketua, lalu Anung Prasetyo Nugroho, S.E., M.M.A., dan Tantry Ajeng Parnawati, S.Hum., M.Pd sebagai Anggota.

Topik yang diambil dalam giat pengabdian tersebut adalah “Inisiasi Kesehatan Melalui Metode Learning By Doing Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 Pada Anak di Sekolah Dasar Negeri 1 Landungsari, Kecamatan Dau, Malang”.

Inisiasi Kesehatan sendiri merupakan program edukasi seputar Covid-19 dan cara pencegahannya sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

Mengingat Kecamatan Dau termasuk pemukiman padat penduduk dengan jumlah warga sebanyak 4.172 jiwa, dan mayoritas penduduk di dominasi oleh anak-anak.

Sekolah Diliburkan dalam Rangka Pemutusan Penyebaran Covid-19

Berdasarkan data yang dihimpun oleh tim dosen Unitri, diketahui selama pandemi Covid-19 berlangsung, sekolah diliburkan dalam rangka pemutusan penyebaran Covid-19.

Dua anak perwakilan siswa SDN Landungsari 1 saat mempraktekkan cara cuci tangan. (Foto: Ist)

Sayangnya, keseharian mereka diisi dengan bermain dan interaksi antar anak tidak memperhatikan protokol kesehatan. Padahal interaksi antar anak ketika bermain meningkatkan risiko penularan Covid-19.

Swaidatul Masluhiya menjelaskan, untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya memberikan inisiasi Covid-19 dalam bentuk pendekatan edukasi menggunakan metode Learning by Doing.

“Anak-anak diajak menemukan pengetahuannya sendiri seputar Covid-19 melalui bercerita, membuat poster, praktik cuci tangan dan membuat video pencegahan Covid-19,” imbuhnya

Dirinya berharap, program tersebut dapat memberikan dampak positif kepada anak. Seperti perubahan perilaku disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Ini dapat mencegah penularan, serta menurunkan kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia,” tegas Swaidatul

Selain berbentuk pemberian edukasi mengenai Covid-19. Pihaknya juga melakukan pembagian masker dan handsanitizer kepada siswa dan guru di SDN Landungsari 1.

Selanjutnya diketahui, bahwa berjalannya kegiatan yang menyasar anak tingkat sekolah dasar ini, dibantu oleh 19 mahasiswa KKN ke-38 Unitri dari kelompok dua.

Flaviana Marselina Kurniati, Ketua kelompok 2 KKN ke-38 Unitri mengaku senang dapat ikut berpartisipasi dan berkolaborasi untuk mengedukasi siswa-siswi SD Negeri 1 Landungsari, Dau.

“Mudah-mudahan apa yang kami dapat selama KKN ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada kami sehingga kita dapat menjadi mahasiswa yang lebih baik lagi,” pungkasnya

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *