6 Cara Menggali Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

KAMPUS, malangpost.id – Buat siswa yang akan meneruskan pendidikan di perguruan tinggi, tak jarang mereka bingung memilih jurusan kuliah yang akan diambil. Karenanya, penting untuk mengetahui minat dan bakat sebelum menentukan pilihan jurusan kuliah.

Hal ini bisa menghindari salah pilih jurusan kuliah yang ternyata tidak sesuai dengan minat serta bakat yang dimiliki mahasiswa. Sementara itu, jurusan kuliah yang sesuai dengan kepribadian, minat, dan bakat akan membuat mahasiswa menikmati proses belajar dan lebih bersemangat.

Lalu, bagaimana caranya mengetahui minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah?

Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memilh jurusan kuliah.

1. Ketahui apa yang paling disukai

Setiap orang pastinya memiliki ketertarikan dan kepribadian yang berbeda-beda. Dengan mengetahui kepribadian diri sendiri, keunikan, dan apa yang disukai, kamu bisa mengelompokkan dan menyaring beberapa hal yang ingin dilakukan. Dari sini, kamu bisa menentukan jurusan kuliah yang diinginkan.

2. Ketahui hobi

Tentunya, kamu punya hobi yang sering dilakukan dan membuat diri sendiri bahagia? Nah, ternyata hobi bisa menjadi salah satu petunjuk tentang bakat dan minat diri kamu yang sebenarnya. Misalnya, kamu hobi menggambar atau menulis. Jadi, kamu bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan hobi tersebut.

Baca juga: Teknik Informatika, Jurusan Paling Diminati Saat Ini, Kenapa Ya?

3. Cari tahu hal yang ingin dilakukan tapi belum terlaksana

Salah satu cara menggali bakat dan minat adalah dengan mengingat dan membuat daftar apa saja yang ingin kamu lakukan, tapi belum terlaksana. Dengan daftar ini, kamu bisa melihat apakah hal tersebut merupakan bakat terpendam tapi belum muncul karena kurang motivasi atau keadaan yang belum memungkinkan.

4. Tanyakan pada orang terdekat apa yang istimewa dari dirimu

Kamu juga bisa mencari tahu tentang diri sendiri dengan bertanya pada orang-orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat. Tanyakan apa yang menurut mereka kelebihan dan hal istimewa dari dirimu. Setelahnya, kamu bisa evaluasi kelebihanmu untuk mengetahui apa yang menjadi minat dan bakat.

5. Ikuti tes minat dan bakat

Nah, kalau mau mendapatkan hasil yang lebih akurat, kamu bisa mengikuti tes kepribadian. Umumnya tes ini merupakan tes psikologi untuk melihat kecenderungan psikologis seseorang. Dari jawaban tes ini, bisa dilihat berbagai kecenderungan, seperti hal yang kamu minati, potensi, kekuatan, hingga kelemahan diri. Perlu diingat, hasil tes seperti ini hanya sebatas rekomendasi yang bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah.

Baca juga: Kupas Tuntas Jurusan Teknik Lingkungan, Di Sini!

6. Membuka diri terhadap hal-hal baru

Untuk menemukan dan menggali bakat dan minat diri, kamu juga bisa memperluas wawasan dan membuka diri terhadap hal-hal baru. Kamu bisa mencari tahu berbagai hal yang ada dengan banyak membaca, seperti koran, majalah, buku, artikel, dan banyak lainnya.

Ketahui dan gali apa yang menjadi passion diri sendiri

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengetahui serta menggali minat dan bakat diri sendiri. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, kamu bisa menentukan jurusan kuliah dengan tepat. Kalau kamu menyukai menggambar, matematika, atau komputer, jurusan teknik bisa jadi pilihan. Ada banyak kampus yang menawarkan jurusan teknik, mulai dari Teknik Informatika, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, dan masih banyak lainnya. Salah satunya, Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) yang memiliki beragam jurusan teknik di Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *