Beasiswa S2 Luar Negeri? Cek Lembaganya Disini!

KAMPUS, Malangpost.di – Setelah lulu S1, rata-rata mahasiswa ingin melanjutkan kuliah S2 di luar negeri. Berkuliah ke luar negeri merupakan impian bagi sebagian besar mahasiswa. Hal tersebut kini berpeluang besar untuk didapatkan.

Saat ini banyak lembaga beasiswa yang memfasilitasi mahasiswa untuk berkuliah ke luar negeri. Meskipun tidak semua beasiswa menghadirkan program S2 ke luar negeri, tapi dapat dibilang masih cukup banyak. Bahkan jika beruntung, mahasiswa dapat dibiayai secara penuh oleh program beasiswa tersebut.

Berikut ini merupakan lembaga penyedia beasiswa S2 ke luar negeri:

1. LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP menyediakan beasiswa untuk mahasiswa. Program ini disediakan langsung oleh Pemerintah Indonesia agar mahasiswa dapat melanjutkan studi S2 ke luar negeri. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya penuh dan pendaftarannya dibuka setiap tahun.

2. Australia Awards

Beasiswa Australia Award membuat program untuk mahasiswa berkuliah S2 di universitas-universitas Australia. Beasiswa ini merupakan beasiswa dengan pembiayaan penuh oleh Pemerintah Australia. Program ini dibuka untuk beberapa negara, termasuk Indonesia.

3. Beasiswa Chevening

Melalui Beasiswa Chevening, Pemerintah Inggris menawarkan pelamar yang ingin melanjutkan kuliah S2 di beberapa universitas Inggris. Beasiswa Chevening memiliki pembiayaan penuh meliputi biaya kuliah, biaya hidup, biaya transportasi dan lain-lain. Pendaftaran Beasiswa Chevening di buka rutin pada September hingga November dengan pendaftaran secara online.

Baca juga : Syarat Lolos Beasiswa Unggulan Kemendikbud untuk Mahasiswa S1, S2, dan S3

4. KAIST

Beasiswa S2 yang juga patut dicoba adalah KAIST International Student Scholarship. Program Beasiswa KAIST ini diperuntukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 di KAIST atau Korea Advanced Insitute of Science and Technology. Pendaftaran Beasiswa KAIST biasanya ada pada bulan Agustus dengan pembiayaan penuh jika lolos seleksi beasiswa ini.

5. Beasiswa Eiffel

Pemerintah Perancis memiliki program beasiswa S2 yakni Beasiswa Eiffel. Beasiswa ini terbuka pelamar internasional, termasuk pelamar dari Indonesia. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melanjutkan ke progam ke master selama 1 tahun atau 2 tahun. Penerima beasiswa ini juga medapatkan pembiayaan hidup, transportasi, jaminan sosial dan lain-lain. Beasiswa ini biasanya dibuka pendaftarannya pada bulan September hingga Januari.

Dengan ada beasiswa-beasiswa tersebut, peluang melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri semakin besar. Maka dari itu, jika ingin melanjutkan studi S2 ke luar negeri, wajib untuk daftar ke beasiswa-beasiswa tersebut atau beasiswa lain yang membuka program serupa.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad

About the Author: Muhammad Hafizh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *