Fisika Kelas 8: Mengenal Jenis-Jenis Cermin di Sekitarmu

DIKSAR, Malangpost.id – Cermin, barang sederhana yang sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Paling tidak setiap rumah pasti memiliki satu cermin. Coba, deh, hitung ada berapa cermin di rumah kamu!

Cermin adalah benda yang bisa memantulkan cahaya sebuah benda yang ada di depannya. Cermin digunakan untuk melihat pantulan diri kita, untuk alat bantu melihat persimbangan, keadaan belakang pada motor atau mobil, dan banyak sekali kegunaan dari cermin.

Ada tiga jenis cermin dalam dunia optik fisis. Simak artikel berikut ini kalau kamu mau mengenal lebih dalam mengenai jenis-jenis cermin.

Cermin Datar

Kamu pasti sudah tahu bagaimana bentuk jenis cermin datar ini. Cermin jenis ini sudah umum ditemukan di dalam rumah. Cermin datar adalah cermin yang berbentuk rata atau tidak memiliki cekungan. Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin, begitu pula dengan tingginya.

Tinggi bayangan sama dengan tinggi bendanya. Bayangan dalam cermin datar memiliki empat sifat bayangan yaitu maya, sama besar dengan bidangnya, sama tegak dan menghadap berlawanan arah dengan bendanya, dan jarak bayangan dan beda sama terhadap cermin.

Cermin Cekung

Cermin cekung adalah cermin yang permukaannya cekung dan bersifat konvergen atau mengumpulkan sinar. Dalam kehidupan sehari-hari, cermin cekung dapat kamu lihat di sendok stainless steel, dan lampu senter atau lampu sorot mobil sebagai reflektor.

Baca juga : Biologi Kelas 10 – Apa Itu Replikasi Virus dan Bagaimana Prosesnya?

Dalam jenis cermin cekung, terdapat bayangan nyata dan bayangan semu. Bayangan semu dalam cermin cekung biasanya lebih besar dari benda aslinya dan terbentuk saat benda dekat dengan cermin. Bayangan nyata terbentuk saat benda jauh dari cermin.

Cermin Cembung

Cermin cembung memiliki permukaan cembung dan bersifat divergen atau menyebarkan sinar. Spion dalam mobil atau motor menggunakan cermin jenis cembung, loh. Selain itu, cermin cembung juga digunakan pada cermin tikungan. Jarak yang dilihat dari cermin cembung tidak sedekat yang dilihat atau diperkirakan. Cermin cembung memiliki sifat maya, tegak, dan diperkecil.

Itu dia jenis-jenis cermin di sekitarmu. Semoga artikel ini dapat membantu siswa kelas 8 dalam mempelajari jenis dan sifat cermin yang terdapat di mata pelajaran Fisika.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *