Pengingat Buat Kamu, Dalam Menghadapi Kegagalan SBMPTN

KAMPUS, Malangpost.id – Bagi yang lolos SBMPTN, selamat! Kamu telah membuktikan kerja kerasmu selama ini. Namun bagi yang belum lolos, jangan berkecil hati.

Reaksi negatif pasti muncul setelah melihat nama kita tidak masuk dalam daftar nama yang lolos. Namun, jika kita membiarkannya berlarut-larut, energi negatif akan terus berkobar di dalam diri kita.

Berikut beberapa cara agar kita bisa menghadapi kegagalan!

1. Kemampuan setiap orang tidak sama

Ada orang yang tidak perlu belajar untuk mendapatkan nilai 100, sebaliknya ada orang yang harus menghafal catatannya untuk mendapatkan nilai 100. Ingatkan dirimu akan kemampuan yang berbeda dari orang lain. Jangan biarkan dirimu menyerah begitu saja.

2. Kamu adalah orang yang berharga

Terkadang ketika kita merasa gagal, kita merasa tidak berharga atau terkadang kita melupakan diri sendiri. Nah, singkirkan hal-hal seperti ini dan coba lupakan kegagalan yang baru saja terjadi.

3. Ingatkan dirimu sendiri

Ingatkan dirimu bahwa ada banyak alasan mengapa untuk mencapai universitas yang kamu inginkan membutuhkan usaha. Di sisi lain, ada banyak ujian mandiri yang disediakan universitas untuk diambil. Perjuangan tidak berhenti sampai disini.

Baca juga : Jangan Gugup! Pelajari Tips dan Trik Menghadapi Test Masuk Perguruan Tinggi Berikut Ini!

4. Lakukan semuanya

Ketika kamu merasa gagal, jangan terburu-buru mengambil keputusan. Tulis rencana dalam catatan lalu pertimbangkan keuntungan dan kerugiannya. Baik itu ingin belajar lebih banyak, mengambil jeda tahun, atau mencoba hal baru.

5. Fokus pada penyebabnya

Coba pikirkan lagi kenapa tidak lolos SBMPTN. Apakah kamu tidak belajar? atau belum siap untuk ujian? Evaluasi setiap alasan dan bagaimana hal itu tidak terjadi lagi.

Ada banyak alasan yang bisa membuatmu melawan kegagalan, tetapi hanya butuh satu hal untuk menghancurkan semuanya. Jika hari ini kamu merasa tidak bisa, jangan biarkan perasaan itu berlama-lama di benakmu. Tetap semangat ya!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *