Ini Fungsi Aplikasi Jarwis Quran Garapan Mahasiswa UMM

KAMPUS, Malangpost.id – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali ciptakan terobosan baru. Kini salah satu Tim Mahasiswa UMM menciptakan aplikasi bernama Jarvis Qur’an.

Jarvis Qur’an merupakan aplikasi asisten pemutar Al-Qur’an yang tercipta melalui Program Kreativitas Mahasiswa – Karsa Cipta (PKM-KC).

Dengan judul “Aplikasi Asisten Pintar Pemutar Alquran Beserta Arti dan Tafsir Dengan Perintah Voice Command”, inovasi PKM-KC tersebut juga telah mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (Dikti) pada bulan Mei lalu.

Baca juga : Manfaatkan Sampah Organik, Mahasiswa UMM Lakukan Budidaya Maggot di Desa Tawangsari

Salah satu anggota tim, Amarul Akbar menyampaikan ide pembuatan aplikasi diilhami dari kelompok majelis taklim yang ada di lingkungan tempat tinggalnya.

Saat itu, salah satu ustaz pengisi majelis menginginkan adanya aplikasi yang berbeda, terutama mengenai asisten Al-Quran. Sedangkan, selama ini timnya juga melihat aplikasi Al-Quran memiliki fitur dan kegunaan yang mempunyai banyak kesamaan.

“Maka dari itu, kami berinisiatif menciptakan inovasi terbaru yang berbeda,” sambungnya

Jarvis Memiliki Perbedaan dengan Aplikasi Lain

Lanjutnya, Jarvis memiliki perbedaan dengan aplikasi lain. Berupa ketersediaan fitur voice command yang memungkinkan pengguna untuk memberikan perintah agar aplikasi langsung memutar salah satu surat.

“Hanya perlu mengucapkan bagian apa yang ingin diputar, Jarvis akan segera menyediakannya,” sambung mahasiswa asal Mataram ini

Selain itu, juga tersedia pula fitur microphone yang mampu mendekati ayat dan surat Al-Quran. Jadi sewaktu ada yang membacakannya, Jarvis bisa langsung mendeteksi ayat terkait.

Tujuannya agar pengguna lebih mudah dalam mencari dan menemukan ayat terkait.

Sistem kerja Jarvis Quran, ungkap Amarul mirip dengan sistem command “Oke Google” atau “Hai Siri” yang terdapat di Google dan Apple.

“Alhamdulillah, kami sudah merampungkan sekitar 70% dari proses pembuatan. Tinggal sedikit lagi hingga dapat diuji coba serta bisa digunakan oleh masyarakat luas,” tambahnya

Tidak sendiri, untuk membuat Jarvis Quran mahasiswa Prodi Informatika tersebut ditemani oleh Shofiyah dari Prodi Informatika dan Syahara Biamalina dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Ia lantas berharap aplikasi tersebut bisa membantu dalam pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan juga dalam kajian-kajian, serta bisa digunakan oleh masyarakat secara luas dalam memudahkan belajar dan membaca Al-Quran.

Tidak lupa dia juga berharap agar inovasi aplikasi itu mampu lolos Pimnas (Pekan Ilmiah Nasional) periode depan dan meraih juara.

“Tentu kami ingin mengembangkannya lebih lanjut agar bisa menebar kebaikan lebih luas pula,” pungkasnya

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *