Berikut Ini Tips Belajar Efektif Versi SMPN 16 Malang

DIKSAR, Malangpost.id – Belajar menjadi sarana seseorang untuk mendapatkan sebuah ilmu pengetahuan dan pengalaman baru. Secara formal, konsep belajar telah diadopsi oleh berbagai lembaga atau institusi pendidikan seperti sekolah.

Namun, belajar tidak hanya bisa dilakukan oleh siswa lewat sekolah saja. Mengingat mereka juga bisa belajar secara mandiri, kapan pun dan dimana pun mereka berada.

Berkaitan dengan topik ini, SMPN 16 Malang berbagi tips belajar yang bisa dilakukan oleh masing-masing siswa. Dikutip malangpost.id dari akun Instagram @smpn.16.malang.official, berikut enam tips belajar efektif dan efisien ala SMPN 16 Malang:

Menemukan gaya belajar

Ada siswa yang bisa memahami pelajaran dengan melihat berbagai tutorial video, ada yang lebih maksimal saat belajar secara individu, lalu juga ada yang lebih cocok belajar ketika berkelompok.

Artinya masing-masing siswa pasti memiliki gaya belajar yang berbeda antar satu dengan lainnya. Sehingga agar bisa belajar dengan efektif dan efisiensi, menemukan serta memahami gaya belajar menjadi sesuatu yang mesti dilakukan sebelum memulai belajar.

Membentuk kenyamanan suasana belajar

Untuk meningkatkan semangat belajar, maka siswa harus jeli dalam membuat suasana belajar. Bisa belajar dengan mendengarkan musik, atau memilih tempat-tempat yang menarik.

Misal di luar ruangan, seperti taman, pinggir danau, lokasi yang banyak pepohonan, atau tempat-tempat lain yang bisa membuat suasana belajar menjadi lebih nyaman.

Baca juga : Belajar Sejarah Islam : Ini 10 Kerajaan Islam Pertama di Indonesia

Jika siswa tidak suka belajar di luar ruangan, siswa bisa memilih belajar di dalam perpustakaan, di rumah dengan ruang khusus belajar, atau ruang-ruang belajar lain yang kondusif.

Belajar dengan rutin, tapi tidak terlalu lama

Membatasi waktu belajar, seperti pagi cukup 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, dan malam 1 jam. Sehingga waktu belajar tidak terlalu lama.

Mengingat kunci belajar adalah dengan belajar rutin, bukan belajar dengan waktu yang lama. Dengan menggunakan cara ini maka pikiran akan menjadi lebih rileks, dan materi pembelajaran pun akan menjadi semakin mudah diserap.

Merangkum pokok pembelajaran

Ketika siswa membaca materi dari berbagai buku, pasti akan banyak yang harus dipahami. Sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.

Maka dari itu, akan lebih efektif jika siswa mengambil hal-hal penting atau inti sari dari tiap materi yang dipelajari dan merangkumnya dalam bentuk catatan. Hal ini akan mempermudah siswa untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut.

Memahami bukan menghafal

Menghafal materi menjadi kurang efektif, karena siswa akan mudah lupa dengan materi yang baru saja dipelajari. Sehingga, akan lebih baik jika siswa memahami materi-materi yang ada. Baik itu dalam bentuk konsep, atau teori.

Melakukan aktivitas untuk meningkatkan kemampuan otak

Aktivitas fisik yang terbukti bisa meningkatkan kemampuan otak antara lain adalah olahraga, meditasi rutin, dan bersosialisasi dengan berdiskusi.

Melakukan beberapa aktivitas tersebut mampu untuk membantu mempermudah otak dalam menyerap materi, karena aktivitas bisa membentuk neuron-neuron baru di dalam otak

Enam tips tersebut bisa dilakukan siswa ketika ingin belajar secara mandiri. Tujuannya agar aktivitas belajar dapat menghasilkan banyak pengetahuan dalam diri masing-masing siswa, karena teknik belajar juga ikut mempengaruhi hasil dari proses belajar yang sudah dilakukan.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Wahyu

About the Author: Wahyu Setiawan

Paling suka jalan-jalan; lebih senang baca novel; sering nonton film bergenre Adventure, Comedy, Horror, Animation, Fantasy & Romance; sedang banyak belajar menulis berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *